Kamis, 28 Mei 2015

Cerita Secangkir Kopi Chapter Lanjutan 18

Mie Baso Akung, Lodaya
"wah gelo, penuh pisan ini mah." ucap argi sewaktu kami berdua sampai di baso akung.



"gimana, mau tetep makan disini?" tanyaku sambil melihat-lihat kedalam, siapa tau masih ada bangku yang kosong.



"bukannya ngga mau ke tempat lain sop, tapi sebentar lagi kan aku ada latihan. klo dari sini mah deket." jawabargi sambil melihat ke arah arlojinya.



satu jam lagi, argi mau latihan baseball di lapangan softball lodaya yang letaknya tak seberapa jauh dari baso akung. sambil menunggu waktu latihan, argi mengajak aku untuk makan baso tapi berhubung disini selalu ramai oleh pengunjung, argi tampaknya mulai bimbang.



"ke karapitan aja gi. deket juga kan klo dari sana. daripada disini nunggunya lama, nanti keburu mulai latihan."



"males ah sop. nungguin bentar gpp kan?" pinta argi padaku ambil menyuruh seorang pelayan untuk memesan tempat buat kami berdua.



argi orangnya memang seperti itu. klo dia lagi kepengen/mau sesuatu, ya harus dilaksanain dan diusahakan sampai dapat. misalnya mau makan baso akung, ya udah harus makan itu dan bukan yang lain. walaupun ada tempat makan baso yang jauh lebih enak sekalipun, argi tidak akan peduli. pernah suatu waktu argi kepengen makan sate kelinci padahal waktu itu kita berdua sedang berada dirumahku, di buah batu. walhasil aku terpaksa menemani argi pergi ke lembang cuma untuk makan beberapa tusuk sate kelinci plus ketan bakar. klo misalnya kemauan dia ngga aku turutin, pasti nanti dia ngomeeeeel terus dan baru berhenti klo dia udah pegel sendiri.



"kamu makannya setengah porsi aja gi, klo kenyang teuing bisi mual. soalnya nanti kamu mau lari-lari kan?"

(klo terlalu kenyang takut mual.)



"iyaaaaa. duh, ieu pelayanna kumaha sie?! teu baleg pisan. udah pesen tempat malah dicuekin aja."

(ini pelayannya gimana sih? ngga becus banget.)



"kalem atuh gi... nanti juga pasti dapet tempat."



"klo kaya gini mah aku ngga bisa kalem sop. a! pesen tempat buat dua orang! udah nunggu daritadi nih!" hardik argi pada seorang pelayan yang tampak sibuk dan stress melayani pengunjung yang waktu itu memang sedang banyak-banyaknya.



untuk orang yang sudah dekat dan mengenal dengan baik sifat argi, jangan kaget klo dia melihat dia tiba-tiba marah ketika menerima pelayanan yang kurang baik. tanpa tedeng aling-aling, kata-kata seperti ; 'mas, klo jadi pelayan yang ramah dong. jangan jutek gitu' atau 'disini kan bayar buat makan, bukan buat nunggu. jadi nganter pesenannya jangan lama-lama.' mengalir lancar dari mulut seorang anak kecil seperti argi. awalnya aku juga kaget karena kadang-kadang merasa kasihan juga sih sama pelayan restoran yang ngga tahu apa-apa tiba-tiba kena semprot oleh argi.



"gi, tadi si..." belum sempat aku menyelesaikan omonganku, argi kembali memanggil seorang pelayan.



"a! udah ada belum tempatnya??? cape nih nunggunya!" kemabli argi berkata seenaknya kepada pelayan itu.



"gi..." aku memanggil argi dengan pelan.



"naon sih?" argi menjawab dengan emosi yang masih belum terkontrol.



"klo kamu masih marah-marah, aku mah mau pulang aja gi." ancamku pada argi.



"kamu koq gitu sih? aku juga tadinya ngga mau marah-marah, tapi ini pelayannya lelet banget."



"yang keukeuh mau makan disini siapa?? udah tau klo jam segini akung pasti penuh, tapi kamunya pengen disini. ya udah, sabar dikit atuh jadi orang teh."



"iyaaaaa..."



"iya iya terus jawabnya teh. dengerin atuh klo aku lagi ngomong!"



"iya ay, maap atuh. trus sekarang gimana, mau ke karapitan aja??"



"klo kamu masih mau makan disini, ya udah sabar. tapi klo ngga mau sabar, pindah ke tempat lain aja."



"kamu jangan ikut-ikutan marah atuh ay. iya deh, aku sabar. da cape oge marah-marah teh, nanti bisa-bisa kegantengan aku berkurang klo keseringan marah."



"hih! dasar uciiiiiiing! seblok geura make baso!"

(aku siram juga nih pake baso!)



"kamu mah klo lagi marah teh keliatan jelek ya ay. padahal aku mah klo lagi marah teh malah beuki kasep. naha bisa kitu nya?"

(padahal aku klo lagi marah teh malah tambah ganteng. kenapa bisa gitu ya?)



"gustiiiii!! ditojos geura ku garpu!!!

(gustiiii!! aku tusuk nih pake garpu!!)



"hahahaha. ay, maap ya klo aku orangnya suka esmosian."



"iyaaaa."



"iya iya terus jawabnya teh. dengerin atuh klo aku lagi ngomong! hahahaha."



"ciwit geura!!!" aku langsung mencubit pipi argi dengan kencang sampai dia berteriak kesakitan.

(aku cubit nih!!!)



*****
Lapangan Softball, Lodaya




"sop, celana aku robek nih! liat geura!" ucap argi sambil memperlihatkan bagian bawah celananya yang robek seusai latihan baseball.



"hahahaha. gara-gara tadi loncat ya? kamu sih, udah tau bolanya foul tapi masih ditangkep juga."



"atuda refleks klo ada bola teh pasti langsung aku tangkep. gede banget ya robeknya?"



"lumayan gede juga. tapi udah tau celananya sobek juga tetep aja larinya kenceng. ngga takut keliatan sama orang?"



"jelas atuh, base-runner tea! larinya kudu semangat!"



"tadi waktu inning kedua aku deg-degan dong... kirain aku teh kamu mau pingsan. aku tadinya udah mau lari aja ke lapangan."



"hahahaha. gelo tadi aku ditubruk kenceng pisan siah! si roy badannya gede pisan sih, jadi aja aku ambruk. dasar hulk!"



"kamu mah ih... habis jatoh teh malah bahagia."



"bahagia apanya... badan aku sakit sop. tulang aku rontok semua yeuh...."



"oh.. ya udah nanti aku anter ke citapen aja gi."



"embung!!!! ngga mau sop! nyeuriiiiiiii....."



"gantian atuh... aku kan udah pernah, tinggal kamu aja yang belum."



"jangan gitu atuh sop. aku kan udah minta maap. masa kamu doain aku kecelakaan...."



"huhuhu. ya ngga lah.... aku bisa gelo klo kamu kenapa-kenapa. gi, mau langsung pulang aja ini teh?"



"iya sop. aku mandi di rumah kamu aja ya?"



"iyaaa... kamu nginep aja atuh sekalian."



"nginep?"



"iya gi. udah lama juga kan kamu ngga nginep di rumah aku?"



"boleh, tapi nanti parkirnya dimana? masa diluar?"



"gampang itu mah gi, nanti biar si abah aja yang parkir di luar. huhuhu."



"sip. nanti malem kita jalan-jalan sop. sekalian ajakin ata sama ita."



"hiyaaa... aku mau banget gi!"



*****
Suryalaya, Buah Batu




"gi, aku mau pergi dulu bentar." ucapku pada argi yang sedang tiduran diatas kasur sementara ata sedang menginjak-nginjak punggungnya dan ita menginjak-injak betisnya.



"hmm? heu-euh." jawab argi yang sedang menikmati pijatan ala ata dan ita.



"a opi mau kemanaaa?" teriak ita.



"mau nganter abah ke dokter. neng ita sama ata di rumah aja nemenin a argi."



"ita mau ikut jayan-jayaaaan..."



"eeh... siapa yang mau jalan-jalan? aa mau nganter abah ke dokter. ita mau liat abah disuntik?"



"ngga mauuu. a algi... ita mau jayan-jayaaaan." ita masih terus merengek, minta diajak jalan-jalan.



"hmm? iya nanti a argi ajak neng ita jalan-jalan. tapi nanti yah... nunggu a opi nganter abah dulu ke dokter."



"a opinya jangan lama-lamaaaa."



"iya. udah sana neng ita pijitin a argi lagi."



"gi, jaga rumah bentar ya?"



"siiiiip. kuncinya dibawa aja sop. bisi aku ketiduran."



"heh, awas aja klo kamu tidur! jagain ita sama ata atuh."



"hahayyy.. iyaaa."



"neng ita, klo a arginya tidur, pukulin aja."



"alah siah... kamu mah ngajarin teh yang ngga bener."



*****
sop!! kamu dimana?
masih lama ngga? si
ita tisoledat!!!

(tisoledat : terpeleset)

sender : kasepmon^^
Sent : 30/03/200x 21:01



tisoledat kunaon
gi?? ita nya gpp??
aku udah dijalan
mau pulang.

(kunaon : kenapa)

sender : s0piA_LaTjuBa
Sent : 30/03/200x 21:15



ngga tau, tadi teh
ojol-ojol aja denger
suara gejebug kenceng
pisan. trus waktu
diliat teh si ita udah
nyuksruk gitu sop. aya
getihna saeutik.

(ngga tau, tadi teh
tiba-tiba aja denger
suara 'gedebuk' kenceng
banget. trus waktu diliat
teh si ita udah jaduh
terjerembap gitu sop.
ada darahnya sedikit.)

sender : kasepmon^^
Sent : 30/03/200x 21:17



BERDARAH?????????????
BANYAK NGGA??????????

sender : s0piA_LaTjuBa
Sent : 30/03/200x 21:19



tadi mah banyak tapi
udah aku cuci pake
air anget sama alkohol.
atulah sop, cepet pulang.

sender : kasepmon^^
Sent : 30/03/200x 21:02





"halo... sop? maneh dimana?" tanya argi diujung telpon.



"udah nyampe karapitan. ini juga lagi buru-buru mau pulang. si ita kumaha????"



"tadi mah nangis sop, tapi sekarang udah ngga. kunci rumah kamu bawa??"



"kunci aku bawa. tapi ada cadangannya. di dalem guci coklat kecil deket tv! ita masih berdarah ngga???"



"masih sop. tapi ngga banyak kaya tadi. badannya panas sop! kumaha atuh??? aku langsung bawa ke rumah sakit aja ya???"



"gi, kata abah kamu langsung pergi ke al islam aja yang deket! nanti aku langsung nyusul kesana. jangan lupa pintu rumahnya dikunci lagi!"



"iya sop, aku langsung pergi sekarang."



"cepetan gi!!! kamu hati-hati nyetirnya!!!"



"iya!"



*****
RS. Al Islam, Soekarno Hatta




"sop, maafin aku ya?" ucap gw sewaktu keadaan sudah mulai tenang. gw sudah menceritakan dengan detail tentang kejadian yang sebenarnya dialami ita diakibatkan oleh keteledoran gw sendiri.



"gi, aku udah bilang sama kamu, tolong jagain ita sama ata! ita teh anaknya hiperaktif gi, ngga bisa ditinggal. harus kita temenin terus."



"iya sop. maaf... aku ketiduran. tadinya aku nemenin ita nonton tv, tapi ita nyetelnya sinetron makanya aku ngantuk."



"kamu kan bisa pindahin chanelnya! untung aku udah titip pesen sama ata! coba klo ata ngga ada, mana tau kamu klo ita kenapa-kenapa???!!!"



"aku emang salah sop. maafin aku...." ucap gw sambil tertunduk lesu.



"gi, kenapa sih kamu teh orangnya susah pisan klo dikasih tau??!! untung ita sekarang masih selamat, coba klo ngga??? emang cukup kamu nebus kesalahan ini cuma dengan sekedar minta maaf???"



"....................................."



"gi, bisa ngga aku minta tolong sama kamu? untuk kali ini, tolong cerna baik-baik apa yang aku omongin sama kamu. gi, tolong... tolong jangan pernah ngerepotin aku lagi!!!"



"....................................."



"kamu boleh, bikin aku kecelakaan berkali-kali sampai kaki aku patah atau bengkok sekalipun. tapi jangan pernah sekali-kali kamu bikin celaka ita atau ata!!! JELAS???!!!" sopi berteriak dengan suara yang lirih karena tidak mau membuat keributan di rumah sakit.



mukanya merah karena menahan amarah. kedua tangan yang dikepalkannya terlihat gemetar. berkali-kali aku mendengar deru nafasnya yang memburu. tatapan mata yang biasanya lembut dan penuh kelembutan kini hanya memancarkan sorot penuh murka. sopi marah besar. sewaktu gw memberanikan diri untuk melihat wajahnya, tiba-tiba perut gw merasakan sebuah perasaan sakit yang teramat sangat. ya, sopi meninju perut gw dengan keras. saking kerasnya, badan gw sampai terhuyung-huyung selama beberapa detik.

tanpa berucap sepatah kata lagi, sopi langsung pergi meninggalkan gw sendiri disebuah lorong rumah sakit yang sunyi. derap langkah kakinya terdengar menggema disepanjang lorong ini, meninggalkan gw yang duduk tersungkur bersimbah rasa penyesalan yang teramat dalam. lagi-lagi, untuk yang kesekian kalinya, gw melakukan kesalahan yang sangat besar. gw sadar klo gw salah. gw sadar klo kali ini, untuk yang pertama kalinya, gw melihat sosok seorang sopi yang sedang murka. sopi yang biasanya pendiam, selalu tersenyum dan selalu mau memaafkan hampir semua kesalahan yang pernah gw perbuat.

tapi kali ini... tampaknya gw harus pasrah dengan keadaan. sopi ngga bisa dipaksa. gw harus tunjukin sama dia klo gw bener-bener nyesel karena telah melakukan hal yang paling dibenci sopi, yaitu menyakiti ata atau ita. gw harus berusaha! karena gw ngga mau kehilangan dia. GW SAYANG BANGET SAMA SOPI.



*****
"io... ieu kantongna si sopi lain?" tanya gw kepada dhio sewaktu melihat tas milik sopi ada di meja tempat dhio duduk.

(io... ini tas nya si sopi bukan?)



"iya gi. kunaon kitu?" balas dhio.

(iya gi. kenapa gitu?)



"aing rek diuk di dieu nya?" tanya gw lagi.

(gw mau duduk disini ya?)



"urang datang tiheula gi." jawabnya sambil menulis pr.

(gw datengnya duluan gi.)



"oh kitu..."

(oh gitu...)



"klo ada meja yang kosong, gpp deh gw pindah. tapi jangan di depan gi." akhirnya dhio mengalah.



"keudeung io..." gw mencoba melihat sekeliling kelas, mencari bangku yang kosaong untuk dhio.

(sebentar io...)



tiap hari, tempat duduk di kelas gw memang berubah. perjanjian yang sudah dibuat oleh km dan disetujui oleh semua anak. siapapun yang datang lebih awal berhak untuk memilih tempat duduk yang dia suka, sementara anak yang datang terlambat hanya bisa pasrah mendapat bangku sisa. biasanya bangku di deret paling depan selalu kosong, klo misalnya ada deret bangku yang kosong di belakang itu tandanya tidak ada yang mau duduk dengan orang yang terlebih dahulu memilih tempat itu. kebetulan di kelas gw, ada satu orang murid laki-laki yang dikenal sebagai public enemy karena sifatnya yang super duper aneh dan menyebalkan. dijamin, klo bukan karena telat atau kesurupan, pasti tidak akan ada anak yang mau duduk dengan dia, termasuk gw.




"mal! tempat maneh kosong teu?" gw bertanya kepada kemal yang sedang duduk di atas meja.

(mal! tempat lo kosong ngga)



"kosong gi. kunaon? maneh diuk di dieu lah gi, meh aing bisa seuseurian." jawab kemal.

(kosong gi. kenapa? lo duduk disini aja gi, supaya gw bisa ketawa.)



"embung ah jeung maneh mah. si dhio diuk di ditu nya?"

(ngga mau ah sama lo mah.)



"naha???" tanya kemal sambil berjalan mendekati gw dan dhio.

(kenapa?)



"aing rek tuker kursi jeung si dhio. engke maneh ditraktir ku aing... oke?"

(gw mau tukeran kursi sama si dhio. nanti lo gw traktir deh... oke?)



"sip! io, buru, ku urang diberesan bukuna." ucap kemal sambil membereskan buku-buku milik dhio.

(sip! io, cepetan, gw bantuin lo beberes deh.)



"ngewa pisan lah maneh. gi, urang ditraktir oge nya?" tanya dhio.

(parah banget lo mal. gi, gw ditraktir juga kan?)



"heug lah. nuhun pisan io." ucap gw sambil melempar tas ke atas meja.

(sok lah. makasih banget io.)



*****
Ruang Kelas, Jalan Bali





"lho, kamu duduk disini??" tanyaku sewaktu melihat argi yang sedang asik tidur di kelas.



"mmmm...." argi cuma menggeser sedikit kepalanya dari atas tas yang digunakan sebagai bantal.



"gi!!" aku memanggil argi sekali lagi.



"hoaaaaahhmmmm...." argi bangun dari tidurnya kemudian menguap lebar sealama beberapa detik. dia menggaruk-garuk kepalanya sebentar, lalu menoleh ke arahku.



"aku kan tadi duduk sama dhio!" protesku sewaktu melihat argi yang sedang menatapku dengan pandangan yang aneh. mungkin karena dia baru saja terbangun dari tidurnya.



"ini teh sopi?? nepangkeun, argi. artish terkenal ti tvri." argi malah bercanda sambil mengulurkan tangan kanannya untuk bersalaman.



"teu lucu ah!" aku meninju bahunya argi.

(ngga lucu ah!)



"eh, abdi mah sanes lucu, tapi kasep. artis tvri tea ateuh..." goda argi sambil bibirnya menyeringai lebar ke arahku.

(eh, aku mah bukan lucu, tapi ganteng. artis tvri gitu loh...)



"......................................." aku menahan diri untuk tidak tertawa.



"meni bagus arlojinya. merknya indofood ya?"

(bagus banget arlojinya. merknya indofood ya?)



"......................................." aku langsung mengehmpaskan kepala di atas tas, kemudian memalingkan muka ke arah lain. berusaha menutupi muka yang sedang mati-matian menahan tawa.



"kamu kenapa? sakit? minum yakult atuh. nih, saya minum dua!"



"......................................."



"aduh... artis buah batu teh meni sombong euy! liat sini atuh. mumpung disini ada artis tvri."



"artis naon?? inohong di bojong rangkong???" aku akhirnya memalingkan muka ke arah argi tapi tetap berusaha untuk tidak tertawa sedikitpun.

(inohong di bojong rangkong : acara di tvri yang dulu sempet booming.)



"hahahaha. bukan, saya artis kelompencapir. kenalin, saya kemal. nama panjang saya, kemaluan."



"berisik tau!"



"kamu klo marah tambah ganteng aja, sop. ya... emang sih, masih tetep aku yang paling ganteng. buktinya, vetty vera, itje trisnawati sama mega mustika aja ngejer-ngejer aku..."



"........................................"



"iya deh... kamu yang paling ganteng. tuh liat, bibirnya aja meni harot kitu... haerrrr!"

(harot : seksi/menggoda)



"........................................"



"sop, tadi malem aku habis ngerjain soal latian spmb. ada yang aku ngga ngerti euy..." argi mengeluarkan jurus terakhir yang pasti membuat aku langsung menyerah. menanyakan pelajaran.



"mana bukunya?" tanyaku dengan ketus.



"nih... soalnya yang ini, sop." argi menyerahkan buku latian soal spmb kemudian membuka halamannya di bagian soal ipa terpadu.



"bukannya buku ini mah ada kunci jawabannya?" tanyaku sambil membuka kembali cover buku milik argi.



"ngga ngerti. biasanya mah klo dijelasin sama kamu, aku langsung ngerti sop." jawab argi.



aku tahu dia berbohong, tapi... mau gimana lagi. awalnya aku berniat untuk mendiamkan dia dan berusaha untuk bersikap cuek sama argi.



"gimana sop?"



aku membuka kitab rumus, sebuah buku catatan kecil berisi aneka macam rumus dan cara singkat mengerjakan soal yang sebagian besar aku dapat dari panji. argi paling suka dengan cara cepat. setelah menemukan rumus yang cocok, aku lalu mengotret soal tersebut di kertas kosong. beberapa menit kemudian, setelah mendapatkan hasilnya, aku langsung menerangkan kepada argi maksud dari setiap otretan yang aku tulis. argi cuma mengangguk-ngangguk saja. aku tahu, dia itu pintar, tapi berhubung malasnya ngga ketulungan dan orangnya yang cepat bosan dengan hal yang dianggapnya tidak menarik, maka sebisa mungkin aku menjelaskan dengan cara yang sesimpel mungkin. makanya, argi paling tidak suka ketika belajar bersama aku dan panji yang lebih senang mengerjakan soal dengan membahas konsepnya, bukan dengan rumus cepat.



"ngerti ngga?" tanyaku kepada argi.



"lumayan sop. tuh kan, klo kamu yang jelasin mah aku cepet ngerti. tadi malem aku udah pelototin kunci jawaban dari buku, tapi tetep aja ngga ngerti."



"soal yang ini mah emang rada susah gi."



"assalamualaikum......" tiba-tiba sura pak guru yang masuk ke dalam kelas langsung mengagetkan semua murid yang tadinya sedang sibuk dengan kegiatan masing-masing.



"walaikumsalam..." jawab semua murid dengan serempak.



setelah itu, dimulailah kegiatan belajar mengajar seperti biasanya. sewaktu pak guru sedang menulis di papan tulis, aku merasakan kalau hp yang aku simpan di saku celana bergetar. dengan hati-hati aku melihat hp dan membaca sebuah sms ;



makasih ya sop.
arloji kamu bagus.
LOVE YOU~~~~ 

sender : kasepmon^^
Sent : 08/04/200x 07:16



aku tersenyum sebentar, kemudian buru-buru aku masukkan lagi hp itu kedalam saku. aku melihat ke arah argi, dia pura-pura cuek dan tidak tahu sambil matanya melihat ke arah papan tulis. aku menghembuskan nafas sebentar kemudian melanjutkan kembali kegiatan mencatat walaupun sebenarnya hati ini rasanyaa tak karuan. maaf ya gi, aku cuma bisa bales sms kamu di dalam hati. 'i love you, but i hate you too..' lirihku dalam hati.



*****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar