Kamis, 28 Mei 2015

Cerita Secangkir Kopi Chapter Lanjutan 14

"ayayayay... aku ngantuk." sebuah tulisan yang argi tulis diatas selembar kertas yang idsodorkan kepadaku saat pelajaran kimia sedang berlangsung.



"jangan sampe ketiduran. bisa-bisa nanti kamu disuruh maju kedepan. tadi malem tidur jam berapa?" aku membalasnya dengan secepat kilat, bersamaan dengan mencatat tulisan yang ada di papan tulis.



argi : jam 10. tapi jam 2 udah bangun lagi. tunduh pisan deminya... (ngantuk banget sumpah...)

sopi : kamu nonton liga calcio? untung aku ngga. dicolok geura matanya pake pulpen. pasti langsung ceunghar deui. =D (coba matanya dicolok pake pulpen. pasti langsung seger lagi.)

argi : anjoyyyy! sakit atuh dicolok mah. iya, udah mah bangun jam dua pagi, eh hasilnya kosong-kosong! GRAOOOWWWWWW! (anjoy : versi lain dari anjis, anjrit, dll.)

sopi : huhuhu. gi, muka kamu lucu pisan klo lagi nahan ngantuk. >_<

argi : kamu udah pernah liat belum muka aku klo lagi nahan ee? lucu pisan siah!

sopi : udah. dan aku ngga tertarik sama sekali! -,-

argi : hahahayyy. ay, tau ngga? aku sekarang udah ngga ngantuk lagi!

sopi : oh ya?

argi : barusan aku habis liat muka kamu, ay. langsung cenghar lagi dong! (cenghar : seger/fresh)

sopi : heh, ini teh pelajaran kimia. bukan pelajaran ngegombal!

argi : hahayy. muka kamu merah gitu ay. 

sopi : gandeng siah! (gandeng : berisik)

argi : ay, mabal yu? (mabal : bolos)

sopi : GELO!!!

argi : habis pelajarannya bikin ngantuk. sekali ini aja deh mabalnya

sopi : NGGA MAU!!

argi : ATL

sopi : ATL? ayam tulang lunak? kamu laper?

argi : lain, ATL teh atulah... (bukan, ATL teh atulah)

sopi : AMH

argi : naon amh teh? (AMH teh apa?)

sopi : aing mah!!!

argi : ayank mah ngga mau nemenin aku mabal. hiks...

sopi : emang kamu mau mabal kemana?

argi : hmm...ke mesjid aja. solat duha

sopi : habis itu, mau kemana?

argi : habis solat duha ya enaknya tiduran di masjid! HAHAHAHAHA

sopi : klo kamu tidur, terus nanti aku ngapain?

argi : tidur juga. kita bobo bareng ay

sopi : kamu mau kena azab?????

argi : emang ada ya azab orang yang tidur di masjid? klo nyolong speaker masjid mah iya

sopi : aku ngga mau tidur ah. aku ngga ngantuk

argi : ya udah, mabal ke kantin

sopi : aku ngga laper

argi : sip! kita jalan-jalan ay!

sopi : jalan-jalan kemana?

argi : ke monas!

sopi : GELO SIAH!!!

argi : HAHAHAHA. udah, mau pergi kemana mah urusan gampang

sopi : tapi aku takut gi

argi : kalem. kamu ngga mungkin masuk neraka gara-gara mabal sehari doang

sopi : dasar aliran sesat!

argi : kamu duluan yang keluar. nanti aku nyusul

sopi : gelo! aku harus bilang apa ini teh?

argi : bilang aja mau ke wc. nanti kamu tunggu di kantin

sopi : masa ke wc seharian???

argi : kalem. nanti aku yang urus. aku masih punya surat dispen. hahahayyy

sopi : dasar! ;p
Kantin Sehat, SMA X




Resah dan gelisah
menunggu disini
di sudut sekolah
tempat yang kau janjikan
ingin jumpa denganku
walau mencuri waktu
berdusta pada guru....


Malu aku malu
pada semut merah
yang berbaris di dinding
menatapku curiga
seakan penuh tanya:
sedang apa disini?
Menanti pacar, jawabku...



*****



kamu dimana????
aku udah setengah
jam lebih nunggu
disini.

sender : s0piA_LaTjuBa
Sent : 04/03/200x 09:42



maaf ay. biasa,
beberes dulu. tas
kamu aku masukin
ke kolong meja.

sender : kasepmon^^
Sent : 04/03/200x 09:57



jangan lama-lama.
aku udah mati gaya
nungguin kamu! gila,
aku ditanyain sama
mang aep dong!

(mang aep : tukang bubur ayam)

sender : s0piA_LaTjuBa
Sent : 04/03/200x 10:04



emang kamu ditanyain
apa? iya bentar lagi.
kamu masih di kantin?

sender : kasepmon^^
Sent : 04/03/200x 10:05



ya ditanyain, aku mau
mabal kemana cenah.
hahaha. hebat lah mang
aep mah. iya, aku lagi
ngumpet di deket mang
aep! ;p

sender : s0piA_LaTjuBa
Sent : 04/03/200x 10:12



coba mang aep jadi
kepsek! hahahaha.
kamu bawa jaket ngga?

sender : kasepmon^^
Sent : 04/03/200x 10:16



ngga! kelupaan euy.
plis lah gi, cepetan
dateng. aku malu nih.

sender : s0piA_LaTjuBa
Sent : 04/03/200x 10:18



kalem atuh ay. di
kantin banyak orang
kan?

sender : kasepmon^^
Sent : 04/03/200x 10:23



lumayan. tapi tetep
aja aku malu. udah
ah cepetan!

sender : s0piA_LaTjuBa
Sent : 04/03/200x 10:25



sip!

sender : kasepmon^^
Sent : 04/03/200x 10:27



*****
ay, aku udah di
parkiran. kamu
kesini aja.

sender : kasepmon^^
Sent : 04/03/200x 10:43



parkiran mana?

sender : s0piA_LaTjuBa
Sent : 04/03/200x 10:47



jalan bali. aku
di depan pengky.

sender : kasepmon^^
Sent : 04/03/200x 10:51



GELO! aku kira kamu
mau nyusul ke kantin.
udah, kamu ke jalan
kalimantan. males aku
kesana. takut ketemu
guru.

sender : s0piA_LaTjuBa
Sent : 04/03/200x 10:59



kamu tunggu di kios
aja.

sender : kasepmon^^
Sent : 04/03/200x 11:01



ok.

sender : s0piA_LaTjuBa
Sent : 04/03/200x 11:02



*****
"ay, maaf aku lama. tadi ketemu sama wakasek trus diajak ngobrol dulu dong. hahaha." ucap argi sambil menyerahkan helm berwarna merah marun kepadaku ketika ia baru saja sampai di depan kios di jalan kalimantan.



"hah??? emang kamu ngga ditanya mau kemana?" jawabku sambil memakai helm, kemudian memakai jaket punya argi yang dipinjamkan untukku.



"ya bilang aja mau ke rumah, ada yang ketinggalan. hahaha."



"itu kamu pake jaketnya siapa gi?"



"anak kelas satu sop. tadi ada yang mabal juga, makanya sekalian aja aku pinjem jaketnya."



"dasar kamu mah. sekarang mau kemana ini teh?"



"ke cibaduyut."



"ngapain???"



"ngisi bengsin ay."



"jauh pisan mau ngisi bengsin teh."



"hahayy. ya ngga atuh. ke ciwidey mau ngga?"



"gelo, jauh pisan lah kesana mah."



"oh... ya udah, ke rancabuaya aja. mau ngga?"



"gelo! itu mah tambah jauh lagi!"



"trus kemana atuh?"



"udah ngga usah jauh-jauh! ke serayu aja, makan cuanki. aku laper gi. huhuhu."



"yaoloh... mabal teh cuma buat makan cuanki??? plis atulah sop, yang rada jauhan dikit."



"ya udah terserah kamu aja gi. aku mah yang penting jalan-jalan sama kamu."



"gitu dong." ucap argi sambil menyalakan mesin motornya kemudian pergi melintasi jalanan kota bandung di waktu siang yang kebetulan waktu itu suasananya agak ceudeum (mendung) sedikit.



tema mabal kali ini yaitu mencari jajanan bandung yang sering argi makan sewaktu dia masih kecil. tujuan pertama argi yaitu ke jalan bawean, tapi kali ini bukan buat makan timbel melainkan sebuah toko kue jabeul (jaman baheula) yang ada di depannya, yaitu sweetheart atau toko kue bawean. yang argi beli yaitu wafer coklat sweetheart, jajanan waktu argi masih kecil yang sering dibelikan oleh mamahnya. waktu aku nyoba, ternyata rasanya enak pisan. rasanya beda sama wafer-wafer yang ada di supermaket. kata argi, dulu waktu masih kecil, wafer yang paling enak se-bandung raya ya wafer ini. wafer yang dibungkus kertas berwarna emas ini walaupun bentuknya kecil tapi isinya tebal.

habis beli wafer, kita ngadem dulu sebentar di bawah sebuah pohon yang super gede dan daunnya rimbun di persimpangan jalan ambon dan lombok (sekarang di depan d'palm). sambil ngadem, kita berdua pesen es oyen yang waktu itu sih masih jualan disekitar situ. disinilah asal-usul pertama nama 'es oyen' beken di bandung. sayang, sekarang si mamang es oyen itu pergi entah kemana.



"ay, dulu teh aku pernah sakit dbd, tapi keukeuh pisan mau minum es oyen. padahal sama dokter teh kan ngga boleh." ucap argi sambil menyeruput sisa es oyen di mangkuknya.



"ya iyalah ngga boleh. masa orang sakit malah minum es. terus kumaha tah?"

(kumaha : gimana)



"jadi dong. padahal itu teh udah mau sembuh siah, tapi gara-gara minum es, besoknya langsung ambruk lagi. hahahaha."



"angger kamu mah. gelo teh dipiara ti leuleutik."

(ti leuleutik : dari kecil)



"hahaha. wae atuh. nu penting mah kasep! kamu udah selesai belum?"

(hahaha. biarin atuh. yang penting mah ganteng!)



"belum. masih mau pergi lagi ini teh gi?"



"masih atuh. aku mau beli coklat suzanna."



"suzanna??"



"heu euh. edun lah aku teh inget pisan sama pelemnya suzanna. bang, pesen satenya dua ratus tusuk bang."



"huhuhuhu. terus itu gi, yang waktu suzanna nya teh jadi ibu, kan anaknya langsung nelpon bapanya tea geuning. pah, cepet pulang, mamah jadi setan."



"hahahaha. gelo nya, indungna jadi setan tapi beungeut si anakna teh meni lempeng pisan.

(hahahaha. gila yah, ibunya jadi setan tapi muka si anaknya teh ekspresinya datar.)



"gi, itu teh beneran coklatnya suzanna?"



"bukan ai kamu. merknya aja suzanna. aku teh pertama kali dibeliin coklat suzanna sama si om arfan tea ay."



"om arfan yang beungeutnya cunihin?"

(om arfan yang mukanya mesum / muka playboy.)



"hahahaha. iya ay. hayu atuh cepetan."



"emang mau beli coklatnya dimana gi?"



"di toko you."

(toko you : jalan hasanudin, samping rs. santo borromeus)



rasa penasaranku akhirnya terbayar setelah melihat langsung coklat suzanna. bentuknya sedikit aneh, jajar genjang. ternyata merknya memang benar suzanna, dengan gambar seorang noni belanda yang terlihat dari samping. kata argi, waktu dia kecil, coklat ini cuma diproduksi di bandung jadi banyak om dan tantenya yang tinggal di luar kota sengaja datang ke bandung untuk memborong coklat ini. rasa coklatnya standard, tapi berhubung di dalam coklat ini terdapat nougat sehingga rasanya sedikit berbeda dibanding coklat sejenis.

suzanna sudah dibeli, sekarang tinggal mencari hot dog gelael (walaupun dagingnya bukan terbuat dari daging 'dog'). klo ini, aku tahu karena hot dog gelael memang terkenal sebagai hot dog paling enak di bandung yang sudah ada sejak tahun 80-an. dulu, hot dog gelael ada di jalan dago, di tempat yang sekarang sudah beralih fungsi menjadi superindo dan kfc. sayang, di bandung, hot dog legendaris ini sudah tidak ada lagi. kalaupun sekarang ada, hanya tersedia di bumi sangkuriang, itu juga dengan cita rasa yang sedikit berbeda dengan aslinya.

argi lalu mengajakku pergi ke arah simpang dago, kemudian masuk ke jalan kidang pananjung dan mampir sebentar di tizis, sebuah restoran steak. jauh sebelum ada restoran-restoran steak seperti sekarang, bandung cuma mempunyai tiga buah tempat oke untuk makan steak, yaitu : glosis, dakken dan tizis. sekarang, glosis sudah berganti nama menjadi maxis (jln. rancabentang), sementara dakken (jln. riau) dan tizis masih tetap setia dengan namanya. dulu, untuk banyak musisi dan artis beraliran agak 'rock', dakken merupakan tempat favorit untuk hang out sementara untuk artis bernuansa sedikit ngepop, tizis merupakan panggung uji coba sebelum meretas karir di ibukota. salah satu alasan mengapa argi yang sebenarnya suka musik beraliran rock dan progressive tetapi menyukai lagu-lagu mellow ala titi dj, vina panduwinata dan ruth sahanaya yaitu karena sewaktu kecil sering diajak pergi makan ke tizis oleh mamahnya yang notabene sering dijadikan tempat menyanyi ketiga orang artis senior itu sebelum sukses berkarir di jakarta. di tizis, argi nekat pesen saslik (mirip sate) dengan uang pas-pasan. bayarnya aja harus susah payah ngumpulin uang receh ribuan untuk nambahin ppn nya, padahal cuma pesen satu porsi dan dimakannya pun sepiring berdua. pelayannya juga sampe heran sewaktu liat ada dua orang anak sma 'maksa' pesen satu menu tanpa pesen minuman. huhuhu.

tadinya, argi masih mau mengajak aku keliling cari makanan yang lain, sekaligus nostalgia waktu dia kecil. tapi berhubung uangnya tinggal dua ratus lima puluh perak, argi cuma bisa manyun-manyun aja. akhirnya, aku sama argi cuma jalan-jalan keliling daerah ciumbuleuit, kiputih dan rancabentang untuk menghirup udara segar. itu juga cuma sebentar, soalnya takut ke-gap sama mamahnya yang memang sering 'beredar' di daerah itu.

argi kemudian mengajakku ke arah atas, setiabudi. katanya dia pengen ngenalin aku sama calon istrinya. huhuhu. argi pernah berkhayal klo nanti punya istri yang sama cantiknya dengan seorang kenalan mamahnya yang tinggal di daerah setiabudi. argi lalu berhenti di depan sebuah rumah yang cukup luas, setidaknya aku sempat mengira kalau ada dua rumah yang ternyata cuma satu rumah dengan halaman yang sangat luas. argi cuma bilang kalau waktu itu pernah satu kali diajak mamahnya masuk kedalam dan bertemu dengan sang empunya rumah, seorang janda yang sangat cantik keturunan sunda-rusia-jepang yang merupakan menantu pertama bung karno karena pernah menikah dengan salah seorang putranya.

puas menghayal dan motor yang sudah berapa kali di klakson oleh angkot karena kita parkir di pinggir jalan, argi lalu mengajakku solat di masjid kesayangan kita berdua, masjid kodiklat yang ada di dekat taman maluku. beres solat, aku sama argi biasanya tidur-tiduran di dalem masjid yang adem banget ini. waktu argi tidur, aku malah asik main games bowling sama parachute di hp nya argi. waktu itu, hp slide nukieu 7650 nya argi udah termasuk mainan paling canggih buat aku yang cuma punya hp sejuta umat, nukieu 3310. itu juga baterainya udah mulai gampang lowbat. huhuhu. di hp argi juga pertama kalinya aku difoto berdua sama argi dan foto itu dijadiin background wallpaper hp nya. aku paling sering buka-buka gallery poto terus ketawa-ketawa sendiri waktu liat pose norak ala kita berdua yang sama-sama seneng difoto. terkadang, aku pengen nangis waktu liat foto semasa pls (mos) soalnya difoto itu, aku yang kebetulan satu gugus dengan argi difoto masih dengan gaya dan penampilan yang cupu abis. foto itu, foto yang mati-matian aku minta sama kakak kelas supaya bisa aku tempel di buku diary karena itu foto pertama aku dengan argi yang masih statusnya masih teman, malah kita berdua masih belum akrab satu sama lain.




"heh, ngapain kamu senyam-senyum ngga jelas?" tanya argi sewaktu terbangun dari tidurnya.



"liatin foto waktu pls tea gi. gelo, aku masih cupu pisan euy."



"kamu mah celana smp nya pendek pisan sop. jadi mirip hot pants."



"itu teh dipotong sama kakak kelas tau! tadinya kan celana aku teh kepanjangan terus dipotong aja sama si teteh sadis itu gi."



"oh.. si teteh yang rambutnya keriting? yang nyuruh aku nyapu jalan bali tea? emang dasar gelo si eta mah!"



"tapi kan klo kamu ngga disuruh nyapu jalan bali, nanti aku nga ketemu sama kamu gi. huhuhu."



"ah, aku juga ngga inget kamu nyapu disana klo kamu ngga bilang."



"tapi sekarang?"



"sekarang mah aku ngga mungkin lupa sama kamu atuh ay. kabogoh paling bageur sabandung raya lah pokona mah."

(pokoqnya mah pacar paling baik sebandung raya.)



"huhuhu. eh gi, nanti mau ke sekolah lagi kan?"



"ya iya atuh, tas aku sama kamu kan masih ada di kelas."



"nanti sore aja ya? biar kelasnya sepi. aku takut ditanya sama guru klo masih banyak orang teh."



"terserah kamu aja ay."
*Beberapa Jam Kemudian*




"sop, masuk ke kelas dulu dong sebentar." ucap argi padaku ketika melewati sebuah kelas. ruangan kelas dua yang penuh kenangan untuk kami berdua.



"mau ngapain gi? udah sepi tau. serem." jawabku sambil menyapu pandangan ke sekeliling kelas. memastikan tidak ada 'sesuatu' yang aneh disini.



"serem-serem juga klo berdua sama kamu mah jadi romantis sop."



"pintunya dibuka aja ya gi?" ucapku sambil berjaga di dekat pintu kelas sementara argi berjalan ke arah meja guru yang ada di sudut kelas.



"terserah kamu." balas argi sambil mengeluarkan tip-ex dari kantong kecil dibagian depan tas-nya.



"kamu teh mau ngapain gi?"



"mau iseng nulis aja ay. mumpung ngga ada orang."



"nulis apaan?" aku penasaran, kemudian berjalan mendekat ke arah argi yang sedang menulis sesuatu dibawah meja guru.



"aduh.. hese oge nulisnya ay." ucap argi sewaktu kepalanya masuk kedalam kolong meja guru untuk menulis sesuatu disana.

(aduh.. susah juga nulisnya ay)



"kamu teh nulis apa gi?"



"ntar dulu atuh, ini teh belum selesai." argi tampak sibuk memiring-miringkan kepalanya sambil tangannya sibuk menulis sesuatu.



"jangan nulis yang jorok-jorok ah."



"hahayy... emangnya coret-coretan di angkot. udah selesai nih, coba geura kamu liat tulisannya." argi kemudian bangkit dari meja guru dan membiarkan aku melongok kedalam kolong meja untuk membaca tulisannya.



"REVEROFDNEIRFTSEBIFOSIGRA" aku membaca keras-keras tulisan yang argi buat.



"bagus kan ay?" ucap argi sambil duduk di atas meja.



"teu ngarti aku mah. emang itu teh bahasa apa gi?

(ngga ngerti aku mah)



"parahu kamu mah. coba dibaca dari belakang."



"ARGISOFIBESTFRIENDFOREVER." aku membaca tulisan itu dengan susah payah. setelah paham maksudnya, aku cuma bisa tertawa lalu tersenyum bahagia.



"alus teu?"

(bagus ngga?)



"bagus banget gi. makasih ya."



"nanti klo udah lulus sma kan kita masih bisa liat tulisannya ay."



"kenapa nulisnya disini gi?"



"kan aku teh mulai bogoh sama kamunya waktu kelas dua sop." ucap argi sambil memegang tanganku dan menggenggamnya dengan erat.

(bogoh : suka)



"aku sayang pisan gi sama kamu. padahal kamu teh blegug nya naudubillah. gelo nya juga masyaalloh."



"hayu ah pulang, nanti bisa-bisa kamu nangis klo kelamaan disini mah."



"ini teh udah mau nangis gi, tapi ngga jadi."



"kenapa ngga jadi nangis?"



"kamu teh hitut?"


(kamu kentut ya?)



"HAHAHAHAHAHA. maaf atuh ay, aku klo lagi terharu teh bawaannya pengen hitut."



"gelo lah, kentut kamu mah juara pisan ay."



"pastinya atuh eta mah. hayu ah pulang." argi menarik-narik tanganku untuk segera pulang.



"cium dulu atuh?" aku meminta sebuah ciuman dari argi.



"nanti aja dirumah. urang nggeus hayang modol yeuh!"

(nanti aja dirumah. aku udah kebelet boker nih!)



"ah kamu mah...." aku bersungut-sungut kesal sambil beranjak pergi meninggalkan kelas.



"nanti di rumah aku cium kamu sampe puas!" ucap argi sambil berjalan tergesa-gesa melintasi lorong kelas dua. kemudian kami berdua berjalan menuju ke tempat parkir motor di jalan bali. pergi meninggalkan kelas dan sekolah yang penuh dengan kenangan dan cerita kami berdua.




Sungguh aneh tapi nyata
tak kan terlupa
kisah kasih di sekolah
dengan si dia

Tiada masa paling indah
masa-masa disekolah
tiada kisah paling indah
kisah kasih di sekolah...





.: Kisah Kasih di Sekolah, by Chrisye :.



*****
Amanjiwo Resort, Magelang





"aya naon ja?" tanya argi kepada eja yang daritadi terus menelpon argi tapi sengaja tidak diangkat olehnya karena ingin mendengarkan ceritaku.

(ada apa ja?)



"keur dimana a?"

(lagi dimana a?)



"di kamar sopi. kunaon kitu?"

(di kamar sopi. kenapa gitu?)



"ini kameranya eror deui. eja mah ngga ngerti."

(deui : lagi)



"oh... bawa aja kesini. cepetan."



"siap a."



argi kemudian mematikan hp supaya tidak ada yang mengganggunya lagi.



"saha eta gi?" tanya panji sambil menggeser kepala kemudian merebahkannya di atas perut argi.

(tadi siapa yang telpon, gi?)



"si eja. sop, sok atuh klo mau cerita mah." entah refleks atau memang disengaja, tetapi tangan argi mulai mengusap-usap rambut panji.



aku cuma tersenyum geli sewaktu menyaksikan pemandangan yang sangat langka ini. sepintas, terbersit dalam pikiranku untuk menjodohkan mereka berdua. memang, sifat kedua orang ini sangat bertolak belakang. tapi bukannya magnet bisa saling tarik-menarik karena sifat dua kutubnya yang berlawanan?



"si eja??? si eja kenapa gi????" panji langsung menoleh dengan panik ke arah argi.



"biasa aja woy! kameranya rusak lagi ceunah." argi menjawab sambil menutup muka panji dengan tangannya.



"hahahahaha. kayanya ada yang naksir sama eja nih."



"anjis! teu redho urang mah! awas siah nji, maneh tong ngadeukeutan adi urang!"

(anjis! aku ngga ridho! awas kamu nji, jangan sampai deketin adik aku!)



"klo si ejanya yang ngedeketin, gimana?" balas panji dengan santai.



"saha maneh???"

(siapa lo???)



"hahahaha. udah atuh gi, si panji kan cuma becanda."



"makanya, cariin aku pacar atuh gi. supaya si eja aman."



"cari aja sendiri!" jawab argi sambil melempar bantal ke muka panji.



"nji, kamu pacaran sama argi aja gih. cokpis lah, cocok pisan."



"cocok dari hongkong!" kali ini giliran panji yang melempar bantal ke mukaku.



"gi, si panji lagi jomblo tuh..." aku iseng berkata kepada argi.



"ah, si panji mah sukanya ONH, sop. ngga bisa diajak serius..." argi melempar pandangan ke arah panji.



"ONH? emangnya aku mau naik haji???" tanya panji.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar