Kamis, 28 Mei 2015

Cerita Secangkir Kopi Chapter Lanjutan 12

"wow... pasti heboh tah! nanti judulnya pidio nya teh jejaka_bubat.3gp dijamin larish pisan eta mah sop! maria epa ge eleh!"

(wow... pasti heboh tuh! nanti judul videonya teh jejaka_bubat.3gp dijamin larish pisan itu mah sop! maria eva juga kalah!)



"hahaha... gelo ah! gi, eta karunya si panji..."

(hahaha... gelo ah! gi, itu si panji kasian...)



"oh enya poho... kamu teh kenapa nji? mau pacaran? sama siapa?"

(oh iya lupa...)



"sama lawyer, gi."



"laurier?? asa wawuh euy."

(laurier?? kayanya kenal deh.)



"lawyer, dudul!!"



"oh.. sugan. emang ketemu dimana nji sama lawyer nya teh? di penjara?"

(oh.. kirain)

"hehehe... bisa wae kamu mah gi. biasa, di kantor."




"di kantor? naha bisa? emang ada tulisannya ya di jidatnya dia teh, i am gay. kitu?"



"hahaha... ya ngga atuh. nanti lah gi aku ceritain panjang lebar. sekarang mah males."



"terus kumaha ayeuna teh? udah jadian?"



"belum gi, dia teh lagi nunggu kepastian dari aku."



"ya udah atuh nji, kalau kamu suka mah tinggal bilang iya. gitu aja koq repot."



"sotoy kamu mah gi."



"sotoy kenapa ai kamu? emangnya omongan aku ada yang salah?"



"kamu belum tau aja orangnya kaya gimana."



"emang orangnya kaya gimana nji? kasep mana jeung urang?"

(gantengan mana sama aku?)



"hehehe... kamu mah gi, ada-ada aja. orangnya baik. cuma... ya gitu deh."



"gitu deh gimana nji? ah euy, jigana mah kasep keneh urang eta teh."

(wah, kayanya mah masih gantengan aku tuh.)



"pede kamu mah! si orang eta teh suka selingkuh gi."



"selingkuh?? asik dong."



"hehehe... bukan selingkuh gi, dia tetep punya komitmen. cuma, ya itu, ngga ada jaminan kalau dia ngga spent time sama laki-laki lain."



"maksudnya teh gimana nji? maneh mah teu jelas ah."

(maksudnya teh gimana nji? kamu mah ngga jelas ah.)




"dasar blegug! maksudnya teh si lawyer pacaran sama panji, tapi masih suka heureuy sama cowok lain."

(heureuy : 'bercanda')



"oh... jadi si panji teh perdananya, terus cowok yang lain mah cuma isi ulang, betul?"



"tah kitu... eh gi, eta teh istilah timana?"

(nah gitu... eh gi, itu teh istilah darimana?)



"urang pan ayeuna icalan pulsa beul. hahahayyy."

(aku kan sekrang jualan pulsa sop. hahahayyy.)



"oh pantes. sakalian pangeusikeun pulsa urang lah gi..."

(oh pantes. gi, sekalian isiin pulsa aku lah.)



"beres sop, nomor nu mana? maneh meser nomor anyar nya?"

(beres sop, nomor yang mana? kamu beli nomor baru lagi ya?)



"hey! kenapa jadi ngomongin pulsa??"



"hahaha... maaf nji. btw, kamu teh yakin mau pacaran sama orang kaya gitu?"



"yang mau komitmen sama aku, ya cuma dia."



"a, itu dicariin sama mamah." tiba-tiba eja muncul di tengah-tengah pembicaraan kami bertiga.



"aya naon kitu?" tanya argi sambil berjalan menuruni tangga mendekat ke arah eja.

(ada apa gitu?)



"eta, kamdig yang satu lagi teh disimpen dimana?"

(eta : itu)



"oh... di tas item kecil tea ja. di resleting bagian depan."



"ari lensa fish-eye na si papah teh dibawa ngga? tadi udah dicari tapi ngga ada a."

(ari : kalau)



"dibawa ai kamu. coba diliat lagi geura di pocket bag nya. aa simpen semuanya disitu."



"ok. a, pangeusikeun pulsa nya?"

(ok. a, tolong isiin puksa ya?)



"pulsa nu mana? m3 atawa simpati?"

(pulsa yang mana? m3 atau simpati?)



"nu m3 wae a..."

(yang m3 aja a.)



"sabaraha?"

(berapa?)



"eh, teu jadi ketang. nu simpati ajalah. di dieu mah m3 sinyalna eror wae."

(eh, ngga jadi ding. yang simpati ajalah. di sini mah m3 sinyalnya eror terus.)



"ya nggeus atuh engke dipangeusikeun ku aa."

(ya udah atuh nanti aa isiin pulsanya.)



"nuhun a." balas eja sambil berjalan menajuh dari argi, lalu menghilang masuk ke dalam ruangan.

(makasih a.)



"gi, itu teh si eja?" tanya panji sambil memperhatikan kearah perginya eja barusan.



"heu-euh. kunaon kitu?" jawab argi sambil sibuk mengetik keypad hp untuk mengisi pulsa buat eja.

(heu-euh. kenapa gitu?)



"kira-kira si eja teh boga prospek teu?"

(kira-kira si eja teh punya prospek ngga?)



"bwahahaha... parahu si panji mah! meni langsung reaktip kitu basa ningali si eja teh..."

(bwahahaha... parah kamu nji! langsung reaktif gitu wkatu habis liat si eja...)



"prospek naon maksudna nji?"

(prospek apa maksudnya nji?)



"prospek kedepannya gi. ari si eja teh udah punya pacar belum?"



"asana mah belum nji. kunaon kitu?"

(perasaan mah belum nji. kenapa gitu?)



"hmm.. cukup prospektif. boleh juga tuh..."



"prospektif naon? maneh mah beuki teu jelas wae ah."

(prospek apa? kamu mah tambah ngga jelas aja ah.)



"ah dasar dudul kamu mah! itu, si panji kan lagi cari pacar... terus, si eja belum punya pacar..."



"anjissssss!!! urang karek nyadar!!! gelo maneh nji!!!"

(anjissssss!!! aku baru sadar!!! dasar gila kamu nji!!!)



"hahahaha... baru sadar dia nji. gimana gi, kamu mau bantuin si panji ngga?"



"parah pisan lah deminya!!! adi urang anak baik-baik cuy!!! tong diganggu siah!"

(sumpah parah banget!!! adik aku anak baik-baik cuy!!! awas, jangan diganggu!)



"sofi juga anak baik-baik, gi."



"panji, maneh mah parahu pisan lah. adi urang mah normal da... masih resep ningali toket."

(panji, kamu mah parah banget lah. adik aku mah normal tau... masih suka liatin toket)



"ceuk saha eta teh?"

(kata siapa?)



"nya ceuk urang atuh!"

(ya kata aku lah!)



"yakin?"



"pisan!! nji, si eja mah masih suka nongton fesyen tipi yang ada bikini-bikininya tea..."



"itu mah kamu juga suka kan? berarti masih ada kemungkinan, gi."



"cicing maneh sop, ngiluan wae. si eja biar kalem juga selera musiknya cadas nji! leuwih cadas ti urang malah. jadi moal mungkin."

(kamu diem sop, ikut-ikutan aja. si eja biar kalem juga selera musiknya metal nji! malah lebih metal dari aku. jadi ngga akan mungkin.)



"oh gitu... tapi kalau belum dicoba, ngga ada yang tau kan?"



"atulah nji... teu redho urang mah. karunya si eja mun sarua jiga urang..."

(ya ampun nji... aku mah ngga ridho. kasian si eja kalau sama kaya aku...)



"hehehe... ngga atuh gi, tenang aja. just heureuy."

(hehehe... ngga atuh gi, tenang aja. cuma bercanda.)



"bener??"



"insyaalloh gi..."



"maneh tong deket-deket jeung si eja nya?"

(kamu jangan deket-deket sama si eja ya?)



"hahahaha... si argi sieuneun kitu nji."

(hahahaha... si argi ketakutan gitu nji.)



"kalau masalah itu mah, ga janji dehhh... hehehe."



****
*Beberapa Jam Kemudian*




"Gusti... asa pararegel ya nji?" ucapku sambil merebahkan diri di atas kasur setelah acara resepsi selesai digelar.

(gusti... pegel banget ya nji?)



"lumayan sof. beuteung teh asa teuas nya?" jawab panji sambil membuka satu buah kancing velvet jacketnya yang berwarna hitam pekat kemudian menggantungnya disebuah standing coat rack.

(lumayan sof. perut teh berasa keras yah?)



"hahaha... kamu sih makannya banyak nji. eh, tapi aku juga sama ketang." balasku sambil melepas kedua buah sepatu dengan menggunakan kaki dan melemparnya entah kemana.



"eh sof, tadi teh asa heurin pisan. loba teuing jelema." panji terlihat sedang berdiri di depan cermin sembari melepas bow-tie kecil berwarna hitam lalu melepas kancing atas kemejanya dan menggulung lengannya sampai sebatas siku.

(eh sof, tadi teh padat banget yah. kebanyakan orang.)



"iya ya nji. padahal yang diundang teh cuma keluarga deket aja. kebayang nanti waktu resepsi di jakarta. kamu mau dateng ngga?" aku bangkit dari tidur kemudian melepas kaos kaki satu persatu, melemparnya kemudian kembali merebahkan diri.



"ngga lah, nanti jatah cuti aku habis sof. eh iya, tadi si ghea sok akrab banget yah waktu kita bertiga foto sama teh dea?" panji kemudian ikut merebahkan diri disampingku.



"ya ampun nji... siapa sih dia? orang kita maunya foto bertiga sama teh dea, eh dia malah ngikuuuut terus. berasa ya jadi pacarnya argi."



"tah... eta pisan sof. itu mah yah, tiap kali kita mau foto bertiga teh pasti mau ikutan difoto juga. kamu tadi denger kan, aku sempet protes sama argi?"



"denger banget nji. hahaha. itu si argi juga bingung waktu kita lagi ngobrol bertiga terus si ghea ikutan nimbrung tea geuning."



"heu-euh, orang kita teh lagi ngomongin apa, eh dia teh ikutan nimbrung. ganggu aja."



"terus nji, tiap kali dikenalin ke saudaranya argi, si ghea pasti bilang gini ; saya pacarnya argi. meni bangga pisan lah."



"jelas itu mah sof. dia teh kesannya pengin dianggap pisan sama orang lain. atuda waktu aku lagi asik ngobrol sama si tante, si ghea teh tiba-tiba ngadekeutan terus langsung ngomongin apa gitu. maksudnya sih mau mengganti topik pembicaraan gitu sof..."



"baleg nji??? terus kumaha???"

(yang bener nji??? terus gimana???)



"baleg pisan ini mah sof. nya tungutungna mah si ghea teh dicuekin lah sama aku dan si tante. punten pisan ini mah, moal bisa mapakan atuda si ghea mah."

(bener banget ini mah sof. akhirnya mah si ghea teh dicuekin lah sama aku dan si tante. punten banget ah, si ghea mah ngga akan mungkin bisa ngikutin.)



"nya pasti benten atuh nji... emang dasar tuh anak, pikasebeuleun pisan."

(ya pasti beda atuh nji... emang dasar tuh anak, nyebelin banget.)



*tok...tok...tok*



tiba-tiba aku mendengar suara pintu kamar diketuk oleh seseorang. aku kemudian menyuruh panji untuk membukakan pintu kamar.



"punteeeen...." terdengar suara seseorang yang sangat aku kenal sewaktu panji membuka pintu kamar. ternyata itu argi.



"mangga..." jawab panji sambil menutup kembali pintu kamar kemudian menguncinya.



"keur naon ieu teh euy?" tanya argi sambil loncat kearah kasur untuk menindihku, tapi aku langsung mengelak.

(lagi pada ngapain ini teh?)



"ah.. biasa gi, keur ngawangkong." jawab panji sambil kembali merebahkan diri di atas kasur sehingga kami bertiga sekarang saling berjajar seperti pindang di atas kasur dengan argi berada diantara aku dan panji.

(ah.. biasa gi, lagi ngobrol)



"sop, nji, haturnuhun pisan yeuh kana kasumpinganana. pokona mah sim kuring teh bingah nu teu aya papadana, bagja amarwatasuta. leres?"

(sop, nji, makasih banyak ya udah mau dateng. pokoqnya mah hati aku bahagia yang tak terhingga. betul?)



"meni edas kitu euy bahasana. hahahaha. leres reueus pisan gi..."

(bahasanya keren banget gi. hahahaha. bener, bener banget gi...)



"ah eta ge si mamah yang ngasih tau. katanya kalau ada tamu orang sunda teh harus ngomong kaya gitu sof, biar sopan."

(ah itu juga si mamah yang ngasih tau. katanya kalau ada orang sunda teh ngomongnya harus kaya gitu sof, biar sopan)



"hahaha. sugan! era atuh gi ka prabu siliwangi, kalau ada orang sunda tapi ngga bisa ngomong bahasa sunda mah."

(hahaha. kirain! malu atuh gi sama prabu siliwangi, kalau ada orang sunda tapi ngga bisa ngomong sudna mah.)



"cicing maneh nji! urang amerika tong gagayaan ngomong sunda! hahahayyy...."

(diem kamu nji! orang amerika jangan belagak ngomong bahasa sunda! hahahayyy...)



"punten ah, sim kuring mah kirang paos basa sunda, neda dimaklum. ari kapalay mah nyarios teh ku basa sunda, nanging sok inggis ku bisi rempan ku sugan, bilih lepat undak usuk sareng udar tina tetekon."

(punten ah, aku mah bahasa sundanya kurang bagus, harap maklum. maunya sih tiap kali berbicara teh menggunakan bahasa sunda, tapi suka takut salah dalam pengucapan dan tata bahasanya.)



"anjis eta naon hartina??? subtitle please!!!"

(anjrit itu artinya apaan??? subtitle please!!!)



"hahahaha... tah dengekeun ku kamu! urang amerika ge tiasa nyarios sunda!"

(hahahaha... tuh dengerin! orang amerika juga bisa ngomong bahasa sunda.)



"ah geuleuh lah kalian mah sekongkol. eh, tadi teh lagi pada ngomongin apa?"



"kapan?"



"tadi, sebelum aku dateng?"



"ngomongin pacar kamu, gi."



"si ghea??"



"iya, si ghea. pasti kamu tau kan kenapa kita ngomongin dia?"



"iya aku tau. maaf atuh, dia teh orangnya emang suka ikut campur urusan orang lain. apa aku putusin aja nih?"



"itu mah, si sofi yang berhak jawab gi. bukan aku. hehehe."



"menurut kamu gimana, sof?"



"aduh... aku bingung ah ditanya masalah itu. no comment."



"si sofi mah orangnya ngga enakan gi..."



"bener sof? kalau kamu ngga suka sama ghea, ngomong aja sama aku."



"aku takut dibilang egois sama kamu, gi. hak kamu mau berhubungan sama siapapun. aku ngga berhak ikut campur."



"ari kamu, gi. waktu itu siapa yang pertama kali bilang suka? kamu, atau ghea?"



"ghea."



"kenapa kamu terima?"



"habis aku bingung mau jawab apa. waktu itu aku lagi jomblo, ghea juga. ya udah, akhirnya kita jadian. habis sofi juga ngga jelas sih, masih mau balikan lagi sama aku atau ngga."



"emang kamu belum tau, kenapa sofi..."



"nji... diem ah. udah ngga usah kasih tau argi!" aku menyela omongan panji.



"lho, emang kenapa sof??"



"....................................."



"Sof, sebenernya ada apa sih??? kenapa kamu selama ini menghindar dari aku??? kenapa kamu ngga mau balikan lagi sama aku??? kamu masih belum mau maafin aku??? aku harus ngapain lagi, sof??? cium kaki kamu??? oke, aku pasti lakuin!"



"....................................."



"sof??"



"sofi udah maafin kamu, gi."



"nji, aku mau denger sendiri dari mulut sofi."



"gi... aku masih belum bisa cerita sama kamu sekarang."



"panji tau???"



aku hanya menjawabnya dengan sebuah anggukan pelan.



"kenapa panji boleh tau, sementara aku ngga??"



"....................................."



"nji, sekarang aku tanya sama kamu." argi menoleh ke arah panji.



"gi, maaf. yang berhak jawab ini semua, cuma sofi."



"anjis lah kalian mah. euweuh nu baleg! siga operator wae, urang di ping-pong kaditu kadieu!"

(anjrit lah kalian mah. ngga ada yang bener! kaya operator aja, aku di ping-pong kesana kemari!)



"kalem gi. kalem..." ucap panji sambil mengusap-ngusap dada argi.



"kalian mah gitu sama aku. katanya kita teh sahabat, tapi ini malah main rahasia-rahasiaan."



"sof... udah deh, ngga baik kalau kamu diem aja. cerita atuh sama argi."



"iya sof, cerita atuh sama aku. aku tau, aku pernah salah. aku minta maaf."



"....................................."



"sof, menurut aku, kalau kamu cerita, argi juga pasti bisa ngertiin kamu. kasian argi, sof."



"....................................."



"ok. kalau kamu ngga mau cerita, biar aku aja yang cerita sama argi!"



"ngga usah nji. biar aku sendiri yang cerita sama argi..." aku mulai bergeser dari posisi semula. kini aku duduk bersandar, bersiap untuk mulai bercerita.



******
*5 tahun yang lalu*




21 Cinepleks, Bandung Indah Plaza




AKU, buku karangan syumanjaya dengan cover bergambar muka Chairil Anwar milik rangga terjatuh tanpa ia sadari.

Cinta melihat itu, tapi tak sempat memanggil rangga. akhirnya cinta mengambil buku itu dan membawanya ke rumah. di kamarnya, cinta membuka halaman demi halaman, lembar demi lembar buku kumpulan puisi itu. ada suatu bagian dimana cinta membacanya dengan perasan terkagum-kagum ;


AKU


Kalau sampai waktuku
'Ku mau tak seorang 'kan merayu
Tidak juga kau

Tak perlu sedu sedan itu

Aku ini binatang jalang
dari kumpulannya terbuang

Biar peluru menembus kulitku
Aku tetap meradang menerajang

Luka dan bisa kubawa berlari
BerlariHingga hilang pedih peri

Dan aku akan lebih tidak peduli
Aku mahu hidup seribu tahun lagi



*****



"ay, si distro cakep ya?" bisik argi sambil mengambil pop corn yang disimpan di lubang yang ada di pinggiran kursi bioskop.



"distro? distro baju?" tanyaku dengan suara berbisik pula.



"dian sastro, onceu!!" argi mencubit pahaku.



"nyeuri ai kamu! ah, cakepan juga nicholas saputra." balasku lalu kembali duduk bersandar di kursi.



"heh, udah punya pacar juga masih bilang orang lain cakep!"



"BODO. gantengan juga nicholas saputra! udah ah berisik! ganggu orang lagi nonton aja!"



"ay, tau ngga, ada orang yang lebih ganteng dari nicholas saputra?"



"hah? siapa? jangan bilang klo itu teh kamu. bosen dengernya."



"ya bukan atuh."



"emang siapa gitu yang lebih ganteng?"



"KAMU." bisik argi di telingaku dengan lembut.



*****
Aku lari ke hutan, kemudian menyanyiku
Aku lari ke pantai, kemudian teriakku
Sepi... Sepi dan sendiri aku benci.
Aku ingin bingar. Aku mau di pasar.

Bosan aku dengan penat,
dan enyah saja kau, pekat!

Seperti berjelaga jika aku sendiri
Pecahkan saja gelasnya biar ramai
Biar mengaduh sampai gaduh

Ahh.. ada malaikat menyulam jaring laba-laba belang
di tembok keraton putih
Kenapa tak goyangkan saja loncengnya?
Biar terderak,
atau... aku harus lari ke hutan lalu belok ke pantai?



puisi yang diciptakan oleh rangga, dinyanyikan oleh cinta tanpa sepengetahuan rangga disebuah acara sekolahnya, lomba puisi. menurut cinta, puisi tersebut luar biasa indah dan bagus sehingga ia merasa sayang kalau puisi seindah itu hanya teronggok sepi disebuah halaman buku. sayang, rangga tidak sependapat dengan ide cinta. rangga pun marah.



*****



"edas. puisina meni alus kitu euy. ay, mending ke hutan apa ke pantai?" tanya argi kepadaku ditengah-tegah adegan cinta sedang berlari mengejar rangga.

(edun. puisinya bagus banget euy.)



"hah?" aku menoleh kearah argi sambil bengong.



"hah heh hoh. jelek ah muka kamu klo lagi bengong teh. gini, aku kepikiran kita nanti mau jalan-jalan kemana gitu. enaknya ke hutan apa ke pantai?"



"rek naon meneh ka leuweung teh? neangan mustika sakti?"

(mau ngapain kamu main ke hutan? mau nyari mustika sakti?)



"heu euh mau nyari kapak naga geni 212! sugan weh aya keneh."

(heu euh mau nyari kapak naga geni 212! siapa tau masih ada.)



"seriusan itu teh?"



"ya ngga lah! aku mau jalan-jalan aja, ke tahura gitu sof. ke goa jepang. hahayyy."

(tahura, taman hutan raya, dago.)



"udah bosen itu mah."



"ya udah, mau ke pantai aja?"



"sekarang teh ombaknya lagi gede. ngga boleh main ke pantai."



"terus kamu maunya kemana?"



"dufan."



"yaolo... kirain teh mau kemana. mau naik korsel???"



"ngga, mau naik komidi puter sama bom-bom car!!! puas???"



"oh.. kirain teh kamu mau ke istana boneka ay...."
"berisik ah! orang lagi nonton malah diajak ngobrol!"



*****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar