Kamis, 28 Mei 2015

Cerita Secangkir Kopi Chapter Lanjutan 54

“ita, aa mau pergi dulu. nanti kamu berangkatnya bareng sama eja.” ucap gw, sewaktu mengambil jaket di gantungan baju.



“NGGA MAU! ita mau naik angkot aja!” balasnya kesal. hadehhh…ini anak, kalo lagi marah atau kesel, super duper mirip sama abangnya.



“udah, pokoknya hari ini kamu harus mau dianter jemput sama eja. omat, maghrib harus udah ada di rumah. nanti aa sama a panji langsung nyusul ke sana. oke?” bujuk gw sambil mencubit pipinya ita.



“NGGA!!!” ita mulai merajuk sambil memeluk bantal.



“engke si eja dicarekan ku aa. mun wani ngaganggu neng ita deui, dek di teunggeul ku aa.” gw berkata sambil terburu-buru pergi keluar kamar untuk segera menemui aa yang sedang menunggu di bawah.


(nanti biar aa marahin si eja. kalo misalnya dia berani gangguin ita lagi, langsung aa hajar.)



sewaktu menuruni tangga, gw melihat eja sedang akrab mengobrol dengan aa dan bagas di ruang keluarga. rencana awalnya, aa, gw, eja dan bagas berniat untuk pergi melihat kondisi toko. aa dan gw pergi melihat toko di kawasan gatsu, sementara eja dan bagas melihat toko yang ada di kawasan sukajadi dan pasir kaliki. tapi gw maunya ita dianter jemput sama eja, jadi rencana awalpun berubah.


walapun masih kelas satu sma, ita sudah ikut membantu kami menjaga toko. kebetulan, gw, yang punya hobi makan, nekat membuka sebuah gerai restoran franchise. lokasinya, mall yang ada di kawasan sukajadi dan gatsu. Eja dan bagas, mereka berdua mempunyai usaha patungan sendiri, semacam distro perlengkapan kamera dan distro alat-alat perlengkapan alat musik/band. kalo aa? wah, dia mah ngga punya satu tenant apapun. tapi, dia yang mengatur atau me-manage semua usaha yang gw ,eja dan bagas miliki. jadi, keberlangsungan hidup usaha kita, arus lalu lintas keuangan dan segala macam hal, aa yang atur.


ata dan ita, mereka berdua, karena masih dan baru menginjak bangku sma, tanggung jawabnya hanya sebatas ikut menjaga toko dan hal-hal semacamnya. sopi? kebetulan, kami bertiga (aa, sopi dan gw) memang mempunyai usaha sendiri yang baru dirintis berbarengan dengan waktu kepergiannya ke Belanda. Sebuah usaha yang bergerak di bidang keahlian sopi yang sedang digelutinya saat ini, teknologi informasi.



*****
*Beberapa Tahun Yang Lalu….*








“A, abah mah tadi malem mimpi liat kamu diwisuda.” abah tiba-tiba berbicara sewaktu kami sekeluarga sedang makan di meja makan.



“amiiiin. doain atuh bah, da jadwal sidangnya sofi mah belum keluar. bulan depan meureun baru keluar.” jawabku asal karena memang masih belum tau kapan pastinya jadwal sidang itu keluar.

(meureun : mungkin)



“sesakit-sakitnya abah, pasti dibelaan datang ka wisuda aa.” ucap abah sambil sesekali terbatuk-batuk. belakangan ini, kondisi kesehatan abah memang sedikit menurun. mungkin diabetesnya kembali kambuh.



“sofi mah doain abah sehat, supaya nanti bisa dateng di wisudanya ata sama ita juga.”



“atuh ita mah kemalin udah diwisuda...”



“apaan, itu mah wisuda-wisudaan anak sd. nanti kalo neng ita selesai kuliah, baru diwisuda beneran.”



“tah, nanti neng ita kuliahnya harus di xxx sapertos si aa. mun bisa mah jadi dosen kaya abah.”

(mun : kalau, sapertos : seperti)



“ngga mau! ita maunya jadi doktel anak!”



“dokter juga bisa jadi dosen ai kamu….”



“tapi ita maunya jadi doktel anaaaaak. ita mau nyembuhin anak kecil yang sakit gigi!”



“atuh itu mah dokter gigi, bukan dokter anak.”



“iiiiiiih a opi mah boloho. ita kan maunya jadi dokter anak, bukan dokter gigi!

(boloho : bodoh)



“kumadinya wae lah…aa mah lieur.”

(terserah kamu lah…aa pusing.)



*****
“Abah, sofi bade ameng heula…” ucapku sambil mencium tangan abah.

(abah, sofi mau pergi main dulu…)




“bade kamana a? wayah maghrib kieu… tos solat teu acan?” Tanya abah sambil melihat ke arah arlojinya.


(mau pergi kemana a? maghrib-maghrib kok pergi… udah solat belum?)



“parantos, bah. ieu bade ameng sareng argi.” aku langsung memakai sepatu dan jaket, bersiap-siap untuk pergi naik motor ke rumah argi.

(udah bah. ini mau main ke rumahnya argi.)



“ah, malem minggu teh kalahkah bobogohan sareng argi. cik atuh….”

(ah, malem minggu teh malah pacaran sama argi. sekali-sekali atuh…)



“perginya rame-rame, bah. ngga cuma sama argi.” aku berbohong kepada abah karena sebenarnya, aku mau pergi jalan-jalan berdua sama argi. katanya sih mau nonton.



“abah mah asa belum pernah liat aa pacaran....”



“hoream ah…”

(males ah…)



“naha?”

(kenapa males?)



“sofi mah lagi mikirin supaya cepet lulus, ngga ada waktu buat pacaran.”



“oh… sugan. rek meuting di mana a?”

(oh…kirain. nanti malem mau pulang jam berapa?)




“oh iya bah, sofi mau nginep di rumah argi. boleh kan? sekalian ngerjain revisi TA.”



“sok atuh ngerjakeun TA, tong bobogohan bae jeung argi.”

(sok sana ngerjain TA, jangan pacaran sama argi)



“naon sih abah teh. nggeus ah, sofi bade angkat heula. wassalamualaikum.” aku langsung berjalan ke arah teras luar untuk mengeluarkan motor.

(apaan sih bah, udah ah, sofi mau berangkat dulu).



“waalaikumsalam….” jawab abah sambil menggeleng-gelengkan kepalanya.



*****
“ay, eta hp kamu ngageter.” ucap gw sewaktu merasakan getaran di saku celana sopi.

(ay, itu hp kamu bergetar.)



“………………………………………” seolah tidak peduli dengan hpnya dan ucapan gw barusan, sopi malah semakin mempererat pelukan tangannya dan memberikan ciuman di sepanjang garis rahang pipi gw sampai meninggalkan jejak basah dari daerah dekat daun telinga sampai ke leher.



*rrrt….rrrrt….rrrt….* lagi-lagi, hpnya bergetar. mengalihkan konsentrasi gw yang semula sedang menghayati sensasi manis ciuman bibirnya. dengan segera, sopi mengeluarkan hp dari saku celana kemudian langsung mematikannya.



“ti saha?” bisik gw pelan.

(dari siapa?)



“abah.” jawabnya singkat. setelah itu, tangannya langsung melingkar di pinggang gw, kemudian memeluk tubuh gw dengan sangat erat.


sewaktu ia melihat tatapan mata yang kosong, pertanda masih ada hal lain yang menganggu pikiran gw saat itu, sopi langsung menarik ujung t-shirt kemudian melepasnya. tangannya dengan agresif mendorong tubuh gw ke tempat tidur, membiarkan dada gw serasa terbakar sewaktu melihatnya melepas satu persatu pakaian yang melekat di tubuh gw. saat hidungnya mendekat sampai nafasnya yang terasa hangat menghembus sekujur wajah, lalu membiarkannya menelusuri rongga mulut yang terdalam dan membiarkan lidah kami bersentuhan sampai akhirnya diakhiri oleh sebuah gigitan pelan di bibir gw.



“aku lagi ngga mau diganggu sama yang lain. cuma mau berduaan sama kamu….”



*****
“A, bade ka lab deui?” Tanya abah sewaktu sedang berjalan bersama denganku di dekat gedung FTSL.

(a, mau ke lab lagi?)



“moal, bah. kunaon kitu?” tanyaku sambil melihat ke sekeliling.

(ngga, bah. Kenapa?)



“hayu atuh uih sareng abah…” tangan abah langsung memegang lenganku sewaktu sedang menuruni sebuah anak tangga.

(hayu atuh pulang sama abah,,,)



“……………………..” aku cuma diam saja tak menjawab pertanyaan abah. bukan apa-apa, tapi kebetulan aku sudah janji untuk pulang berdua bareng argi.



“nggeus boga jangji?” Tanya abah. kali ini pertanyaannya benar-benar tepat sasaran.

(udah ada janji?)



“muhun, bah. aya jangji sareng rerencangan ti himpunan.” jawabku berbohong kepada abah.

(iya bah. Ada janji sama temen-teman dari himpunan.)



“cik atuh sakali-kali mah aa teh uih sasarengan sareng abah. rumasa mah ayeuna waragad teh kawilang tos teu jagjag deui. kedah disupiran.”

(coba sekali-sekali, aa pulang bareng sama abah. Sekarang mah badan abah teh udah ngga sekuat dulu lagi. Harus ada yang nyupirin abah.)



“………………………”



*****
“a, pangmeserkeun landong heula sakedap di warung.” ibu menyuruhku saat aku sedang bersiap-siap pergi naik motor.

(a, tolong beliin obat dulu sebentar di warung.)



“si ata wae atuh, titah numpak sapedah. aa bade indit pisan.” aku memanaskan motor sambil meraung-raungkan gas-nya.

(si ata aja atuh, disuruh naik sepeda. Aa udah mau pergi.)



“aa teh bade indit kamana?”

(aa mau pergi kemana?)



“bade ka imahna si argi, mah. rek ngabantuan si argi nyieun proposal TA.”

(mau ke rumahnya argi, mah. Mau ngebantuin argi bikin proposal TA)



“ eta ka warungna mang tayo heula atuh a. sakedap..”

(itu tolong beliin obat ke warungnya mang toyo dulu a .sebentar aja,)



“atuh....”



“ari dititah batur daek, pek dititah ku indung embung. dek jadi naon kamu teh?”

(disuruh sama temen, mau. Giliran disuruh sama ibu sendiri malah ngga mau. Mau jadi apa kamu nanti?)



“…………………….”



“buru ka warung!”


(cepetan ke warung!)



“a, ieu loketna sakantenan weh dibantun ku aa, bisi kirang artosna.”

(a, ini dompetnya sekalian dibawa aja. Takut nanti uangnya kurang.)



“…………………….”



“nggeus, buru. bisi engke dicarekan deui ku si abah.”

(udah cepetan. Nanti aa keburu dimarahin lagi sama abah.)



*****
“tos timana gi? asa udah setengah jam lebih nungguan kamu.” aku meninju perutnya dengan pelan sewaktu dia baru saja masuk ke dalam kamarnya. hamper setengah jam lebih aku menunggu sendirian di kamarnya argi.

(habis darimana gi? aku udah setengah jam lebih nungguin kamu.)



“hampura atuh ay, tadi mah jam tilu teh nggeus indit ti ditu, ngan aya hambatan serius pisan tah.” argi melempar kunci ke atas meja, melempar jaket ke lantai kemudian langsung lompat ke tempat tidur.

(maaf atuh ay, padahal tadi jam tiga udah pergi dari sana. Tapi di tengah jalan tiba-tiba ada hambatan)



“hambatan naon?”



“eta, si saepul, di tengah jalan teh ojol-ojol kaluar bumbu kacang tina bujurna. gelo siah! pokona isukan mobil urang, jokna kudu diberesihan ka bengkel. geuleuh pisan!”

(itu si saepul, di tengah jalan teh tiba-tiba pantatnya ngeluarin bumbu kacang. Gelo siah! Pokoknya besok mobil aku, joknya harus dibersihin di bengkel! Jijik!)



“bumbu kacang teh naon gi?”



“kecepirit ai kamu. geueluh pan???”

(kecepirit! Jijik banget kan???)



“hahahahaha. di jok yang mana ih? ngewa pisan nggeus mahasiswa teh masih keneh kecepirit.”

(hahahahaha. Di jok yang mana ih? Ngga banget, udah jadi mahasiswa tapi masih kecepirit.)



“eta jok nu di tukang. tadina mah cenah rek hitut tapi ari pek nggeus hitut teh kaluarna sakalian jeung bukur-bukurna. si saipul mah bujurna tara pernah disakolahkeun!”

(itu di jok belakang. Tadinya mah Cuma mau kentut aja, tapi ngga taunya malah keluar sama ampas-ampasnya. Emang dasar pantatnya dia mah ngga pernah disekolahin!)



“saepul teh nu mana sih? aku mah lupa da. anu biwirna sok barusuh lain?”

(saepul teh yang mana sih? Yang bibirnya sering sariawan itu ya?)



“lain, eta mah izal. si saepul mah nu imahna di gunung halu tea geuning. yang kata kamu orangnya caludih.”

(bukan, itu mah izal. Si saepul mah yang rumahnya di gunung halu. Yang kata kamu orangnya kucel/lusuh.)



“oh… nu caludih tea. huhuhu.”

(oh…yang mukanya kucel itu. Huhuhu.)



“hahayy, kajeun teuing caludih, tapi pinter siah. can lulus ge nggeus ditawaran kerja ku Halliburton jeung Baker Hughes.”

(hahaayy…kucel-kucel gitu juga pinter tau. Padahal belum lulus tapi udah ditawarin kerja sama Halliburton dan Baker Hughes.)



“garila! jadi inget, aku teh sempet takut deket-deket sama dia gara-gara caludih. Tau gitu, aku dektin dia ya gi. Huhuhu.”



“tapi kamu juga caludih da…”



“enak aja!!!!!”



“eits, tong ambek heula atuh ay. lain caludih nu eta. caludih nu urang mah beda deui atuh euy…”

(eits, jangan ngambek dulu atuh ay. Caludihnnya bukan kucel. Caludihnya aku mah artinya beda lagi.)



“emang naon kitu?”

(emangnya apa?)



“caludih teh cakep lucu deh ih….hahayyy.”



“:”>”



“kade ah bisi irungna ngapung. hahahaha. eh ay, tumben kamu malem senen main ke rumah aku? biasanya mah jarang da.”

(awas ah nanti hidungnya terbang. Hahaha.)



“keur hoream di imah.”

(lagi males aja di rumah.)



“naha? euweuh sasaha nya?”

(lho, kenapa? Lagi ngga ada siapa-siapa ya di rumah?)



“teu, aya kabeh malah. kumplit.”

(ngga. Malah ada semua. Komplit.)



“kamu teh kenapa ay? lagi ada masalah?”



“teuing ah. keur rarungsing.”

(ngga tau ah. Lagi pusing. Banyak pikiran)



“hey…”



“naon?”



“rarungsing mikirin TA?”

(pusing mikirin TA?)



“bukan…”



“terus mikirin apa atuh? aku? emang aku salah apa lagi? gara-gara telat barusan?”



“bukan juga. adalah masalah aku sama abah. biasa, abah lagi kasih banyak tuntutan sama aku.”



“masih ada hubungannya sama TA?”



“ngga juga. malah ini mah rencananya si abah kalo misalnya nanti aku udah lulus.”



“emang rencana apa gitu?”



“teuing ah… aku juga masih bingung. udah ya, sekarang aku lagi ngga mau bahas masalah ini.”



“oke. tapi nanti kamu harus cerita sama aku. janji?”



“iya….”



“ay, aku mau mandi dulu ya? kasian kamu dari tadi nyium bau keringet aku.”



“ngga bau da. kamu mah wangi terus. huhuhu.”



“tapi badan aku cepel eung. ti isuk kesangan wae. aku mandi dulu ah.”

(dari pagi keringetan terus)



“gi….”



“kenapa lagi?”



“malem ini, aku boleh nginep di sini ngga? aku lagi males pulang ke rumah.”



“……………………..”



“boleh ya? aku janji ngga akan ngorok da tidurnya.”



“hahahaha….ya sok atuh. kamu mah bebas mau nginep kapan aja. aku malah seneng kalo kamu nginep. nanti kan kita bisa bubu bayeng.”



“naon deui eta bubu bayeng? geuleuh ah.”



“tapi ay, kamu udah kasih tau orang rumah belum mau nginep di sini teh?”



“belum.”



“sok atuh kasih tau dulu. bisi nanti dicariin.”



“ntar ajalah itu mah. pasti apal da kalo aku ngga pulang ke rumah, ya main ke rumah kamu.”



“kalo kamu ngga mau kasih tau, nanti aku yang telpon ke rumah kamu. pilih yang mana?”



“……………………”



“ya udah, nanti biar aku yang telpon ke rumah kamu. tong jadi pikiran deui ah.”

(jangan jadi pikiran lagi ah.)



“huhuhu. makasih ya gi…”



“apa sih ya ngga buat sipo-sipo caludih, cakep lucu deh ih. hahayyy…”



*****
“A, yeuh… mangga dipilih. abah tawarin beasiswa S2 buat kamu. Aa bentar lagi lulus kan? sok mau pilih yang mana, Aachen atawa walanda?

(a, nih… silahkan dipilih. abah tawarin beasiswa S2 buat kamu. Aa bentar lagi lulus kan? sok mau pilih yang mana, Aachen atau belanda?)



“………………………………”



“Abah mah ngga punya banyak uang buat sekolahin kamu jauh-jauh, tapi abah punya banyak link untuk itu. nanti insyaalloh aa ngga usah ikut tes seleksi macem-macem, tinggal pilih mau yang mana, pasti abah usahain.”



“……………………………...”



“meungpeung abah masih jadi dosen keneh, a. mun nggeus pangsiun mah, insyaalloh rada sesah.”

(mumpung abah masih jadi dosen, a. nanti kalau misalnya abah udah pensiun mah insyaalloh agak sulit lagi.)



“……………………………...”



“bade dipilih nu mana, a? ceuk abah mah, nu alus teh di Aachen.”

(mau pilih yang mana, a? kalau kata abah mah lebih bagus di Aachen.)



“abah…… aa teh mau coba kerja dulu. cari pengalaman dulu.”



“boleh. mangga. silahkan. nanti aa mau kerja apa? sok, abah mau tau rencana aa kedepannya gimana.”



“aa mau coba bisnis sendiri, bah.”



“……………………………...”



“aa kan sekarang sering ikut proyekan sama temen-temennya argi tea bah. iya sih, itu teh masih bisnis kecil-kecilan. profitnya juga masih belum seberapa dibanding kalo misalnya aa kerja di corporate, tapi kan semuanya memang harus dirintis dari kecil dulu, bah. nanti ba…”



“pasti moal jauh ti argi. argi deui, argi deui. kamu teh jangan terlalu bergantung sama dia!”

(pasti ngga jauh-jauh dari argi. Argi lagi, argi lagi.)



“……………………………...”



“yang nentuin masa depan kamu teh diri kamu sendiri, bukan abah, bukan argi, bukan juga orang lain. kamu harus mulai mikir untuk diri kamu sendiri!”



“……………………………...”



“abah mah cuma ngga mau aa nantinya jadi balangsak. bisnis apapun boleh, tapi harus punya pegangan tetap dulu. a, yang namanya bisnis, kalau misalnya hari ini untung, besok belum tentu sama, bisa jadi rugi.”

(balangsak : susah/miskin/melarat.)



“……………………………...”



“kalau misalnya aa udah punya satu pegangan yang tetap, mau bisnis apapun abah kasih izin. tapi nanti, bukan sekarang! kalau misalnya nanti bisnis kalian bangkrut, siapa yang mau nanggung biaya hidup buat besok, lusa dan besoknya lagi? orang tua?”



“……………………………...”



“abah tau, banyak contoh pengusaha sukses yang memulai bisnisnya dari nol kecil. tapi itu cuma untuk segelintir orang. bukan semuanya. dan menurut abah, aa belum punya bakat ke arah sana.”



“……………………………...”



“a, abah mah sanes konglomerat yang punya harta berlebih dan bisa ngasih anaknya modal bisnis sendiri. abah teh cuma dosen. uang abah terbatas. tapi setidaknya abah bisa kasih kamu kesempatan cari ilmu lebih untuk pegangan kamu nanti, kalau misalnya abah udah ngga ada.”

(sanes : bukan.)



“……………………………...”



“sekarang gini, abah ngga akan ngasih aa pilihan yang macem-macem. sekarang, aa fokus sama TA dan jangan terbebani sama hal yang lain. tolong selesaikan tahap yang ini dulu. nanti, kalau sudah beres, kalau aa sudah di wisuda, baru abah bahas lagi tahap selanjutnya.”



“……………………………...”



“tapi abah minta, aa harus tetap semangat. kalau aa butuh bantuan apapun menyangkut soal TA, bilang sama abah. nanti pasti abah bantu.”



*****
“ay, besok aku mau ke Jakarta.” gw berkata kepada sopi yang sedang membalik-balikkan halaman buku kas.



“ke Jakarta? ngapain?” sopi mengerutkan alisnya sambil menatap penuh tanya ke arah gw.



“itu, mau coba cari orderan. katanya mah ada tender pengadaan barang gitu di depsos. sama sekalian cari supplier murah di Tanggerang buat order mesin drilling tea geuning.” gw menunjukkan berkas-berkas yang nantinya akan dibawa ke Jakarta.



“lho, kalo misalnya besok kamu mau ke Jakarta, nanti siapa yang harus ketemu sama Pa Waluyo? Kita kan harus kasih kejelasan mau pasang instalasi listrik di pabrik dianya kapan.” kali ini giliran sopi yang menunjukkan time schedule yang berisi catatan-catan penting yang harus dilakukan setiap harinya.



“aku besok ke Jakarta kan cuma tiga orang, nah di sini masih ada sisa banyak orang. masa sih ngga ada yang bisa selesain masalah itu. kamu sendiri gimana, bisa ngga? apalagi itu bidangnya kamu.” gw berkilah.



“bisa. tapi aku maunya ikut sama kamu ke Jakarta. boleh ngga?” ia menutup catatan dan berkas-berkas yang semula sedang dibacanya.



“boleh aja, tapi bukannya lusa kamu ada jadwal ketemuan sama dosen pebimbing? revisinya udah kamu kerjain kan?”



“udah sih….” kepalanya langsung menunduk, seperti sedang memikirkan sesuatu.



“tapi?” gw menatap dia dengan serius.



“aku males kalo harus ditinggal pergi sama kamu. pasti lama kan kamu disananya? berapa hari coba? tiga hari?” sopi mencorat-coret kertas kosong dengan ballpoint yang dipegangnya.



“gusti nu agung…..kirain teh apaan ai kamu. yakali ada tiga hari mah. atuh ay, tiga hari teh sebentar.” gw memukul-mukul kepalanya dengan pelan menggunakan berkas proposal.



gw, sopi, dan beberapa orang teman lainnya, seperti kebanyakan mahasiswa kampus pada umumnya yang masih mempunyai jiwa dan semangat idealis cukup tinggi, dengan modal niat, nekat dan semangat, mendirikan sebuah cv dengan cita-cita besar pada waktu awal pembentukannya teh untuk mendirikan sebuah perusahan sendiri dengan modal sendiri yang usahanya dirintis dari nol. awal mulanya sih sebenernya dari sebuah ketidaksengajaan yang akhirnya mempertemukan sekitar sepuluh orang lebih dengan latar belakang disiplin ilmu yang beragam.


sewaktu mulai menginjak tahun ketiga masa perkuliahan, pada suatu hari, tiba-tiba gw dikejutkan oleh pernyataan santai tapi seriusnya bokap yang bilang kalo mulai detik itu, jatah uang jajan disunat habis-habisan dengan teramat sangat sadis. dari semula jatah yang bisa dibilang cukup besar, harus dipotong jadi 20 ribu sehari untuk biaya gahul. sementara untuk biaya perkuliahan mah masih tetap ditanggung sepenuhnya oleh orang tua. gw sempet shock juga sih waktu dikasih kabar kaya gitu. tapi, bokap beralasan kalo gw sudah cukup umur untuk ngga lagi bergantung sama orang tua. jadi singkatnya, gw harus berusaha cari uang sendiri kalo masih mau sedikit bergahul sama temen alias hedon.
walhasil, setelah mengalami penyesuaian yang super duper sulit karena jujur aja buat gw pribadi, anggaran sebesar itu ngga cukup banget lah buat nutupin biaya gahul sehari-hari. buat bayar bengsin mobil sehari aja pasti langsung habis. nah, dengan niat mencoba untuk mandiri, gw akhirnya pontang-panting nyari uang tambahan dari sana-sini supaya masih bisa tetep ‘hidup.’ ada banyak gawean yang coba gw jalanin waktu itu, mulai dari jadi penyiar radio, jualan pulsa, coba jadi mc lepas amatiran mulai dari acara ulang tahun anak-anak, sunatan sampe seminar internasional. terkadang ikutan ngamen di kafe-kafe yang ada di sekitaran dago, cari untung dari orderan jaket atau kaos angkatan, jadi pager bagus dadakan kalo misalnya ada yang kawinan, jadi mahasiswa cabutan untuk acara pengukuhan guru besar dan semacamnya.


Selain itu, gw juga sering banget sewain mobil gw buat mahasiswa yang pengen tampil kece bin perlente banyak gaye kalo misalnya ada kencan di kala satnite sama pacar/kecengannya. ngasdos (jadi asisten dosen yang bayarannya masyaalloh seuprit iprit kecepirit), jualan hp bm (black market) yang gw dapet dari si om yang kerja di sebuah instansi, jualan kaos branded yang dibeli di singapura or hongkong dengan harga super korting tiap kali ada summer/great sale tapi gw jual lagi di sini dengan harga berkali kali lipat. pernah juga jadi distributor brownies di beberapa kota waktu Amanda lagi hits melejit, jualan jam tangan odm yang sempet nge hip waktu itu padahal gw belinya di mangdu dan dijual lagi ke tempat om gw di Makassar dengan harga beda seratus ribu dari harga barang ori-nya, dapet proyekan dari dosen mulai dari proyek skala lima digit sampai delapan digit, dll.
nah, berawal dari proyekan dosen itulah, yang biasanya terdiri dari beberapa orang mahasiswa, gw bertemu dengan teman-teman lain dari berbagai macam jurusan. awalnya, ada beberapa buah tim bentukan dosen itu untuk menangani beberapa buah proyek sekaligus, tapi lama kelamaan menyusut menjadi satu buah tim saja yang benar-benar terpercaya. berangkat dari situ, lama-kelamaan kami mendadak jadi akrab satu sama lain sampai akhirnya tercetus ide untuk mendirikan sebuah cv yang notabene waktu itu banyak sekali cv bentukan mahasiswa di kampus kami. toh, proyek yang dikerjakan bersama dosen tersebut kebanyakan berskala nasional, jadi kami tidak malu untuk memasukkannya ke dalam portofolio perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar