Kamis, 28 Mei 2015

Cerita Secangkir Kopi Chapter Lanjutan 55

gw inget, tempat yang pertama kali dijadikan alamat cv waktu itu teh cuma sebuah kamar kos-kosan temen berukuran 3x3 m2 di daerah cisitu sampai akhirnya kami mampu mengontrak sebuah rumah di daerah tubagus ismail. asli, modal kita awalnya cuma nekat, karena berkaca pada kesuksesan leluhur kami di kampus, yang semasa kuliah juga mengawali kesuksesan bisnisnya dengan cara seperti ini tapi pada akhirnya mampu mendirikan perusahan besar seperti medco, bakrie, dll.
sebenernya, gw sendiri tidak punya niatan yang begitu menggebu untuk bisa ‘membesarkan’ cv ini karena tujuan awalnya sih ya itung-itung untuk cari pengalaman aja. tapi karena latar belakang ‘pendiri’ cv yang berasal dari kondisi ekonomi berbeda-beda lah yang membuat gw berani terjun habis-habisan pada waktu itu. ada sekitar tiga orang dalam tim kami, yang menurut gw diberi anugerah otak super cemerlang tapi mempunyai latar belakang kondisi ekonomi yang cukup memprihatinkan, memaksa untuk terus mencari orderan supaya mereka bisa tetap bertahan hidup. asal tahu saja, mereka yang super pintar itu sehari-harinya tinggal dan tidur di masjid karena tidak punya uang untuk membayar kosan dan tidak punya sanak saudara di bandung. mungkin, jaman dulu, waktu kampus kami belum membuka jalur usm, ada banyak sekali cerita dan dinamika mahasiswa asal daerah yang berjuang mati-matian menuntut ilmu di sini dengan bermodalkan otak, niat serta semangat.


pernah denger istilah usaha palugada? mungkin istilah sekarang sih jauh lebih keren, yaitu enterpreneur. tapi dulu, yang kita kenal adalah istilah usaha palugada, yang artinya ; apa yang lu mau, gua ada! simpelnya gini, keuntungan mendirikan sebuah cv pada waktu itu adalah kami bisa memasukkan banyak sekali bidang usaha dalam satu platform. dan itulah yang terjadi pada kami, karena ada banyak sekali jenis usaha yang dijalankan. dengan prinsip palugada, hampir semua orderan apapun yang diminta oleh pelanggan, pasti kami sanggupi. pokona mah, apa yang lu mau, gua ada!


secara umum, proyek yang sesuai dengan bidang kami waktu itu di seputar teknologi informasi, kelistrikan dan dunia permesinan serta beberapa buah riset kecil-kecilan yang hasilnya nanti akan dijual kepada pihak ketiga (itu juga kalo ada yang mau. kalo ngga, ya hasil risetnya nanti masih bisa dipake jadi mouse pad). order besar seperti instalasi listrik di beberapa buah pabrik, pemasangan jaringan sistem informasi perusahaan, tender sebagai supplier barang-barang tertentu yang biasanya sering kita dapat dari departemen-departemen, sampai ikut serta dalam riset bahan bakar biofuel yang pada waktu itu mendapat kucuran dana cukup besar dari pemerintah. Hanya saja order besar seperti itu sifatnya jarang dan sangat susah sekali untuk kita dapatkan karena harus bersaing dengan perusahaan kelas kakap lain. sementara kami, yang minim pengalaman, hanya mengandalkan koneksi serba terbatas dan nama besar alamamater kampus. makanya, untuk mengisi kekosongan kas, kami sering menerima order ‘nyeleneh’ bin ajaib. pokona mah yang penting ada pemasukan, apapun itu usahanya.
waktu musim pemilu/pilkada, kami berubah menjadi perusahaan konveksi dadakan. waktu musim spmb berlangsung, kami berubah jadi sekumpulan mahasiswa yang menerima les intensif dengan iming-iming masuk itb. waktu musim bola/piala dunia, kami pernah menjadi agen penyalur produk-produk sponsor resmi piala dunia serta sebagai travel agent dadakan. pernah juga lho, kami buka paket wisroh a.k.a wisata rohani buat ibu-ibu pengajian dari luar wilayah bandung yang mau bertandang ke daarut tauhid. waktu itu kan aa gym masih ngehits melejit pisan.


terima orderan kerudung plus seragam ibu-ibu pengajian? tenang, kita pernah! cetak buku yasin beserta suvenirnya sewaktu ada dosen atau pejabat yang meninggal dunia? itu juga pernah. pemasok pohon bambu/pinang waktu acara tujuh belasan? mulai dari bogor s.d sukabumi kita jabanin! yang paling lucu mah waktu ada order besar-besar sabun yang kita pesan dari medan untuk sebuah daerah di jawa timur. masalahnya, di medan, sabun itu biasanya dipake untuk cuci piring, baju, dll. tapi anehnya, entah siapa penyebar gosipnya, yang pasti di daerah tersebut, sabun itu katanya terbukti ampuh untuk menghilangkan jerawat!
“gi…”



“apa?”



“kalo misalnya janji ketemuan sama dosen pebimbing aku majuin jadi hari ini, nanti aku boleh ikut sama kamu ngga ke Jakarta?” sopi menatap malu-malu ke arah gw.



“emang bisa kaya gitu? emang si bapanya mau?”



“kalo si bapanya ngga mau, nanti aku bilangin ke abah. kan yang jadi ketua tim pembimbing waktu disertasinya dia teh si abah. pasti mau da kalo misalnya sekarang si bapanya aku sms.”



“weisss…mainannya politik euy. hahahaha.”



“atuda kalo kepepet mah, pake jalan pintas atuh gi. huhuhu.”



“nya eta mah terserah kamu aku sih ngga masalah. ari kamu teh kunaon ay, sampe ngotot menta ikut pergi segala sama aku?”



“teuing atuh. keur loba pikiran. hayang deudeuketan jeung kamu…”

(ngga tau atuh. Lagi banyak pikiran. Maunyadeket-deket terus sama kamu….)



“dasar jelema rungsing kamu mah ah…”

(jelema : orang ; rungsing : pusing, banyak pikiran)



“biarin, daripada kamu, jelema kabetrik!”

(kabetrik ; otaknya korslet)



“hahaha…kabetrik oge loba nu bogoheun! hati-hati ay, pacar kamu banyak yang ngincer yeuh!”


(hahaha…biar kabetrik juga banyak yang suka!)



“sok weh mun kamu wani macem-macem mah langsung dipegatkeun ku urang. rek banjir getih ge wani…”

(sok aja kalo kamu berani macem-macem mah langsung aku putusin. Mau sekalian berantem habis-habisan juga berani….)



“wanjeeeeeessss….moal atuh ay! urang bisa gelo mun bener dipegatkeun ku kamu. tong ngomong kitu deui ah. pamali.”

(wanjeeeeeeessss…ngga akan atuh ay! Aku bias gila kalo beneran diputusin sama kamu. Jangan ngomong kaya gitu lagi ah. Pamali.)



“lainna nggeus gelo maneh teh?”

(bukannya kamu emang udah gila?)



“nya rada gelo lah saeutik. hahahahaha.”

(ya sedikit lah. Belum gila beneran. Hahahaha.)



“gi…..”



“apalagi aaaaay? jangan bilang kalo aku ganteng.”



“heh, mun ngomong kitu deui, dibaledog geura ku korsi!”

(heh, kalo kamu ngomong ganteng lagi nanti aku lempar sama kursi!)



“aw aw aw…aku ganteng aku ganteng aku ganteng aku ganteeeeeeeng~ hahahayyyy.”



“atulah gi…..aku mau ngomong serius.”



“ay, serius ini mah, aku ganteng pisan nya?”



“ARGI!!!!”



“SOPI!!!



“kamu mau PUTUS apa mau GELUT???”

(gelut : berantem)



“eh maap ay, maap. maaaaaaaaap. sok atuh kamu mau ngomong apa, nanti aku dengerin. da kasep, da lucu, da imut, da da rosada.”



“gi, kamu kepikiran ngga, kalo misalnya nanti udah lulus kuliah, kamu mau coba cari kerja yang serius, mau lanjut kuliah lagi, atau masih mau ngejalanin bisnis ini?”



“ntar dulu, maksudnya kerja serius teh apa?”



“ya kerja yang bener.”



“emang kerjaan yang sekarang teh ngga bener ya? ngga serius juga? perasaan mah aku serius da ngejalaninnya. ya walaupun masih bisnis kecil-kecilan.



“bukan gitu gi, maksud aku, kerja kantoran. di corporate atau apa gitu.”



“…………….., iya aku ngerti maksud kamu apa. ay, gini deh, aku ngga pernah sekalipun maksa kamu buat ikut bantuin bisnis yang keliatan serba ngga jelas ini. jujur, aku ngerasa amat sangat terbantu selama kamu ada di sini, tapi kalo misalnya kamu mau cari kerjaan lain yang lebih jelas lagi, ya itu hak kamu. aku ngga akan protes.”



“……………………………...”



“kamu kan punya cita-cita sendiri, misalnya kerja di corporate multinasional atau malah internasional. aku mah dukung pisan kalo misalnya kamu punya cita-cita kaya gitu.”



“cita-cita aku mah sebenernya bisa sukses bareng sama kamu. dan ngga tau kenapa, aku maunya berdua terus sama kamu. ngga peduli itu kerja di corporate atau punya usaha yang serba ngga jelas sekalipun. yang penting bisa terus bareng sama kamu.”



“……………………………...”



“aku ngga tau apa ini bener atau salah, tapi akhir-akhir ini, aku sering banget ngebantah nasehat abah. dan itu teh gara-gara kamu.”



“maksudnya? kok bisa gara-gara aku? emang aku salah apa?”



“bukan gi, maksudnya bukan kamu yang salah. tapi akunya yang kepikiran kamu terus. kamu tau? abah nyuruh aku kuliah lagi.”



“lho, bukannya malah bagus atuh itu mah?”



“iya, bagus banget. tapi akan jauh lebih bagus lagi kalo misalnya abah ngga nyuruh aku ambil beasiswa di luar.”



“di luar? Maksudnya overseas?”



“iya…”



“tapi sop, berarti nanti kamu mau ninggalin aku atuh di sini?”



“gi, denger, sebisa mungkin aku ngga akan terima tawaran itu. aku ngga mau dan ngga bisa jauh dari kamu. aku udah ketergantungan sama kamu. jangan tanya kenapa, soalnya aku juga ngga tau kenapa bisa kaya gitu.”



“……………………………...”



“abah bilang, hidup aku bisa balangsak kalo terus-terusan ikut bisnis ngga jelas kaya gini. tapi aku sih ngga masalah rek balangsak oge. yang penting bisa bareng sama kamu terus.”



“emang kamu teh disuruh kuliah di mana? asa rempong pisan.”



“kalo ngga di jerman, ya di belanda. tapi itu juga belum pasti.”



“hah??? meni tebih-tebih teuing atuh kuliah teh. nggeus lah kamu mah ngambil s2 di sini lagi aja.”

(hah??? jauh-jauh amat sih kuliahnya teh, udahlah kamu mah ambil s2 di sini lagi aja.)



“ya aku juga maunya gitu. tapi kamu tau sendiri kan abah teh orangnya kaya gimana?”



“……………………………...”



“gi, kalo misalnya aku ngga nurutin apa maunya abah, durhaka ngga sih?”



“……………………………...”



“kamu kok diem aja? aku kan butuh pendapat kamu.”



“ini nih yang aku ngga suka.”



“apanya yang kamu ngga suka??”



“ya ini, aku ngga suka kalo misalnya kamu mesti dihadapin sama dua pilihan, orang tua atau aku.”



“habis aku harus gimana lagi atuh?”



“ay, aku mah ngga ada apa-apanya kalo dibandingin sama orang tua kamu. seujung kukunya juga ngga ada meureun. kamu baik sama aku mah paling juga cuma dapet pahala, tapi kalo baik sama orang tua kamu mah bisa masuk surga.”



“……………………………...”



“da aku juga maunya bisa bareng terus sama kamu. ya minimal-minimalnya kita ngga kepisah sejauh itu, ay. yang deket-deket aja.”



“aku bilang aja mau kuliah di sini gitu ya?”



“kalo bisa mah gitu. emang kenapa sih harus jauh-jauh kuliah di luar?”



“abah teh dari dulu udah janji mau nyekolahin anak sampe setinggi-tingginya. kalo bisa mah ya sampe ke luar. soalnya dulu, abah pernah dapet kesempatan untuk sekolah di luar tapi malah ngga dibolehin sama aki. makanya sekarang aku dipaksa sama abah.”



“kamu kapan sih wisudanya?”



“aku? hmm…tiga bulanan lagi meureun. kenapa gitu?”



“duh, nyesel juga aku baru ngajuin proposal TA-nya sekarang.”



“emang nyesel kenapa gi?”



“ya berarti kan aku lulusnya masih lama. dasar bego!”



“udah atuh gpp. da kamu juga kan emang sibuk pisan gi. beda sama aku.”



“ah, itu sih emang aku yang salah. ngapain coba aku sibuk buat hal yang ngga jelas? aku kan mahasiswa, tugasnya ya harusnya kuliah. ngapain juga sibuk cari duit? harusnya kan aku cepet-cepet lulus!”



“yang penting kan nanti juga kamu pasti lulus, gi. cuma masalah waktu aja.”



“ay, kamu mau ngga nunggu aku sampe selesai kuliah?”



“nunggu buat?”



“kamu ambil s2 nya ntar aja, nungguin aku selesai kuliah. nanti kita bareng ke sananya? yah yah yah?”



“……………………………...”



“kemana aja hayu lah. yang penting kita bisa bareng. nanti biar aku coba ngobrol sama mamah kalo aku pengen lanjut kuliah lagi. sekarang gimana, kamunya mau ngga nungguin aku?”



“MAU BANGET…. :’)”



“sip. kalo gitu, kamu pegang janji aku, aku mau cepet-cepet lulus kuliah supaya nanti bisa nemenin kamu kuliah dimanapun. mau di kutub juga aku temenin ay!”



“sanggup ngga sama janji kamu barusan?”



“kamu juga, sanggup ngga nungguin aku? kalo kamu bilang iya, aku juga pasti bilang iya.”



“iya.”



“ya udah, iya, aku juga sanggup.”



*****
Rs. Borromeus, Dago



aku berjingkat pelan sewaktu membuka pintu ruangan HCU, tempat abah sekarang di rawat. kondisinya mendadak kritis selama beberapa hari belakangan ini semenjak penyakit strokenya mendadak kambuh abah memang udah sejak lama mengidap penyakit diabetes yang semakin lama semakin merambat sampai akhirnya menderita komplikasi mulai dari jantung sampai dengan ginjal dan gejala stroke.


di tempat tidur, aku melihat abah tampak lemah tak berdaya dengan banyak sekali selang yang terpasang di tubuhnya. fungsi ginjal serta paru-parunya pun sudah digantikan oleh mesin yang ada disebelahnya. kalau saja strokenya tidak kambuh, mungkin kondisi abah tidak separah saat ini. sekarang, jangankan bercanda, bicara saja abah sudah tidak bisa. abah hanya bisa berkomunikasi lewat tatapan mata dan gerakan jari tangannya yang lemah. aku mencium tangan ibu yang selalu setia menjaga abah siang dan malam, lalu setelahnya baru mencium tangan abah yang tampak semakin kurus dan pucat. badan abah yang semula gempal, kini bahkan bisa aku lihat tulang dan pembuluh darahnya yang terlihat menonjol.



“abah, tadi aa baru selesai seminar. Alhamdulillah lancar. insyaalloh minggu depan aa udah bisa sidang.” aku berbisik pelan di telinganya abah karena fungsi pendengarannya juga sudah mulai berkurang.



aku melihat ujung bibirnya tampak bergerak-gerak seolah-olah ingin berkata sesuatu tapi tidak bisa mengeluarkan suara apapun.



“aa minta doanya abah supaya nanti sidangnya dipermudah.” ucapku terbata-bata karena tak sanggup melihat kondisi abah saat ini.



“aa juga tiap kali sholat, pasti doain abah supaya cepet sembuh. abah juga kan udah janji mau dateng di wisudanya aa.” aku mengusap-ngusap keningnya abah yang basah karena keringat.



kali ini, aku melihat mata abah yang berkaca-kaca. tangannya menggenggam erat tanganku seraya hendak mengucapkan sesuatu. bukannya kata-kata yang terucap, melainkan lelehan air mata yang turun dari kedua pelupuk matanya. aku masih tetap memegang erat tangan abah sambil tangan yang satunya lagi membuka buku kecil berisi surat yasin. dengan suara lirih, aku membaca surat yasin di samping abah. dan sesekali, tangannya menggenggam jauh lebih erat sewaktu ada bacaanku yang menurutnya salah.


setelah tiga kali selesai membaca surat yasin, aku menutup buku tersebut kemudian langsung mencium kening abah sambil berdoa semoga beliau diberi kesembuhan seperti sedia kala. ada satu lagi permintaan abah yang harus aku lakukan setiap kali selesai membaca yasin, yaitu menyanyikan sebuah lagu untuknya. lagu ini, mungkin, menjadi semacam nasehat dari abah untukku yang menyanyikannya. seolah mengingatkan aku akan sebuah pembicaran empat mata yang sangat penting antara aku dan abah beberapa hari sebelum akhirnya beliau terpaksa harus dirawat di rumah sakit. sambil berbisik lirih, aku pun menyanyikan lagu permintaan abah itu bait demi bait sampai akhirnya kami berdua larut dalam tangisan masing-masing. berikut beberapa cuplikan bait dari lagu yang aku nyanyikan tersebut :




Jampe-jampe harupat
Geura gede geura lumpat
Sing jauh tina maksiat anaking
Ngarah salamet akherat

Jampe-jampe harupat
Geura gede geura lumpat
Susah senang omat sholat anaking
Beunghar kade poho zakat

Ti bapa ieu pepeling
Ngarah hidep hirup salawasna eling
Heunteu berang heunteu peuting
Hidep kudu soleh satungtung nyaring



*****
“mah, aa bade uih heula sakedap. bade nyieun presentasi kanggo isukan sidang.” aku mencium tangan ibu, sebelum akhirnya berpamitan dan buru-buru meninggalkan rumah sakit karena belum sempat menyiapkan slide powerpoint untuk sidang.

(mah, aa mau pulang dulu sebentar. Mau bikin presentasi sidang buat besok.)



“gi, ibu titip sopi yah.” ucap ibu sewaktu argi mencium tangannya. kebetulan, besok aku diantar jemput oleh argi. bahkan, kemeja, jas serta dasi untuk keperluan sidang pun, aku pinjam dari argi.



“sumuhun, tante.” argi kembali mengangguk pelan, pertanda mohon pamit.



*****
“ay…bangun….”



“ay…bangun…eta aya telpon.” aku langsung tersentak kaget sewaktu terbangun dari tidur. jujur saja, aku ketiduran setelah semalam suntuk bergadang membuat slide presentasi.

(itu ada telpon)



sewaktu melihat layar hp, ternyata benar, ada telpon dari ibu. dengan segera aku mengangkat telponnya.



“assalamualaikum, aya naon mah?” tanyaku dengan suara yang masih setengah mengantuk.



“a……” aku mendengar suara isak tangis ibu di ujung telpon.



“aya naon mah? punten, sopi kakara hudang. tadi teh kasarean.”

(ada apa mah? Punten, sopi baru bangun. Tadi teh ketiduran.)



“a….abah……abah….” kali ini, suara tangisannya ibu lebih kencang dari sebelumnya.



“abah kunaon mah??? mah…. abah kunaon???” aku berteriak berkali-kali sebelum akhirnya dijawab oleh ibu;



“abah tos teu aya a….”

(abah udah ngga ada a….)



“………………………………………….”



*****
Beberapa Tahun Kemudian…..




“beib, sofi bade ngobrol.” Ucap aa sambil menyodorkan handphonenya ke arah gwu yang sedang membaca yasin di ruangan tengah rumah nini-nya (nenek) abah yang ada di daerah komplek perumahan dosen, tempat tinggal ata dan ita sekarang.

(beib, sofi mau ngobrol)



Gw mengangguk pelan, kemudian mengambil handphone tersebut kemudian beranjak dari tempat duduk semula. Meninggalkan kerumunan orang yang sedang ramai membaca yasin sebelum acara tahlilan memperingati 3 tahun meninggalnya abah.



“hey...” sapa gw ringan pada seseorang diujung telpon.



“argi?” suara bass-nya masih terekam dengan jelas di memori otak gw. Tapi kali ini, suaranya sedikit serak.



“heu-euh. Apakabar, sop? Tadi siang mesej aku nyampe ngga?” gw mengawali pembicaraan ini dengan amat sangat antusias.



“oh…iya nyampe. Alhamdulillah baik. Maaf ya ngga dibales, soalnya malem ini aku emang niat mau telfon.”



“ngga masalah. Kamu ngga nanya kabar orang ganteng ini teh?”



“udah tau dari panji.”



“oh gitu. Kenapa ngga tanya langsung sama orangnya?”



“jawaban panji lebih terpercaya, gi.”



“hahayyy. Kamu mah ada-ada aja sop.”



“di sana rame ngga?”



“si aa tadi jawabnya gimana? Pasti udah kamu tanyain juga kan?”



“mmmm….katanya sih rame pisan.”



“nah itu udah tau jawabannya. Kenapa ditanyain lagi? Kan kata kamu jawaban si aa mah lebih terpercaya.”



“habis saya bingung mau nanya apa sama kamu.”



“bingung gara-gara udah ditanyain semuanya sama aa ya sop?”



“boleh juga nih serangan baliknya. Pasti diajarin sama panji.”



“hahahayyy….hati-hati, sekarang aku juga bisa galak.”



“ngga kebayang gi, muka kamu yang bodor itu teh tiba-tiba jadi galak.”



“masih inget ya sama muka aku?”



“masih. Kamu ngga operasi plastik kan?”



“tau ngga, kata aa, aku ngga boleh kepancing sama pertanyaan ngga penting dari kamu.”



“tadi udah di briefing dulu ya?”



“Udah ateuh. Oh iya sop, kata aa, aku boleh da bilang kangen sama kamu.”



“gi, nanti saya boleh titip sesuatu ngga?”



“tuh kan gitu… omongan aku pasti di skip sama kamu.”



“gi, saya itu orangnya perasa banget. Mungkin waktu kamu bilang kangen dengan nada sedatar apapun, suasana hati saya pasti langsung berubah. Jadi hal yang kaya gini harusnya udah ngga perlu kita bahas lagi. Ok?”



“tadi kamu mau titip apa?”



“gini, saya minta tolong kalau misalnya nanti besok kamu ikutan nyekar, tolong beli mawar biru satu bouquet dan nanti bunga itu disimpen di depan pusaranya abah. Saya kemarin tiba-tiba mimpi dateng ke tempat abah sambil bawa mawar biru. Ngga tau maksud mimpi itu apa, tapi saya mohon sama kamu karena ngga bisa pulang dan nyekar ke makam abah, tolong jangan sampai lupa sama pesan saya barusan.”



“sip. Aku ngga mungkin lupa.”



“makasih ya gi. maaf ngerepotin.”



“ngga ngerepotin sama sekali. Sop, kamu udah doain abah belum hari ini?”



“selalu. Ngga harus hari ini.”



“aku boleh nebak ngga?”



“ha? Nebak apa gi?”



“aku yakin, kamu pasti habis nangis. Tapi aku ngga tau kamu habis nangis gara-gara apa.”



“saya udah ceritain semuanya sama panji. Nanti kamu tanya dia aja.”



“……………………………”



“Saya bukannya ngga mau cerita sama kamu, tapi kalo denger saya nangis, kamu pasti langsung jadi kacau. Kalau kita berdua sama-sama lagi kacau, nanti ngga ada yang bisa nenangin salah satunya.”



“,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,”



“saya kangen ngobrol panjang lebar sama kamu, tapi nanti, waktu saya pulang ke bandung.”



“kamu kapan mau pulang ke bandung?”



“nanti saya kabarin lagi. Pasti. Pasti saya kasih tau kamu. Ngga mungkin ngga.”



“iya, tapi jangan mepet ya sop? Supaya nanti aku bisa jemput kamu di airport. Aku kan sekarang udah stay di Jakarta.”



“iya. Gi, katanya kamu mau ambil s2 ya?”



“heu-euh. Tapi aku banting setir nih ambil jurusan lain.”



“mau ambil s2 di mana? Di tempat saya teh jadi?”



“ngga lah, di Jakarta aja. Kecuali kalo si aa nya ikut pindah kerja juga nemenin aku di sana.”



“iya jangan, di jakarta aja. Sekalian jagain ita sama ata. Soalnya aku pulangnya masih lama eung.”



“sop, tahlilannya udah mau mulai. Kamu mau ikutan ngga?”



“iya. Nanti tolong di loudspeaker ya gi? saya mau ikutan tahlil dari sini.”



“sip. Tapi kalo misalnya kamu nangis, jangan kenceng-kenceng, nanti malu kedengeran sama orang lain.”



“yaudah ngga usah, jangan di loudspeaker. Saya cukup dengerin suara kamu aja.”



“kalo bacaannya ada yang salah, kamu jangan protes ya?”



“mana bisa saya protes sama orang yang udah segitu baiknya sama saya.”



“udah diem, jangan ngomong lagi. nanti malah jadi aku yang pengen nangis.”



*****
Abah….
Abah masih jadi inspirasi saya, walau sekarang abah entah ada dimana
Abah masih jadi penyemangat saya, walau abah sudah tidak mampu berbicara
Abah masih jadi mimpi saya, walau saya sudah bangun dari tidur
Abah masih jadi tujuan saya, walau saya sering berjalan tak tentu arah
Abah masih ada di setiap doa saya, untuk semua Inspirasi, Penyemangat, Mimpi, dan Tujuan saya, Haturnuhun.



*****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar